Putri, Onie Aprilia (2016) Identifikasi kesulitan guru geografi dalam mengembangkan dan melalksanakan penilaian pembelajaran berbasis kurikulum 2013 tingkat SMA Negeri di Kota Malang / Onie Aprilia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Onie Aprilia. 2016. Identifikasi Kesulitan Guru Geografi dalam Mengembangkan dan Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Tingkat SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci identifikasi kesulitan guru geografi penilaian pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mempunyai peran penting dalam pembinaan karakter dan mental peserta didik untuk ketercapaian proses pembelajaran perlu adanya tahapan-tahapan yang disusun agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Sejauh ini Kurikulum 2013 berjalan sesuai rencana namun kebanyakan guru terutama guru geografi di Kota Malang tingkat SMA mengalami kesulitan pada sistem penilaian. Guru sering kali mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan melaksanakan penilaian karena sistem penilaian yang terjadi pada kurikulum 2013 berbeda dengan sistem penilaian pada kurikulum sebelumnya. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai identifikasi kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuisioner berbentuk check-list dan dokumentasi format penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesulitan guru geografi dalam mengembangkan instrumen penilaian berbasis kurikulum 2013 (2) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang dilakukan guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang (3) mendeskripsikan kesulitan guru geografi dalam melaksanakan penilaian berbasis kurikulum 2013 (4) mendeskripsikan profil guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa (1) kesulitan yang dihadapi guru geografi dalam mengembangkan instrumen penilaian meliputi kesulitan merumuskan indikator penilaian menetapkan kinerja yang akan dinilai serta menyusun instrumen penilaian (2) pelaksanaan penilaian pembelajaran yang dilakukan guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang berjalan optimal (3) kesulitan yang dihadapi guru geografi dalam melaksanakan penilaian meliputi kesulitan dalam waktu pelaksanaan kesulitan dalam mendeskripsikan skor penilaian kesulitan dalam memadukan kesiapan peserta didik (4) profil guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang bagus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53489 |
Actions (login required)
View Item |