Penerapan pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Malang / Maria Yosi Felicia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Malang / Maria Yosi Felicia

Felicia, Maria Yosi (2016) Penerapan pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Malang / Maria Yosi Felicia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Felicia Maria Yosi. 2016. PenerapanPendekatanScientificdenganBantuanMind Mapping untukMeningkatkanPemahamanKonsepGeografipadaPesertaDidikKelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. SudarnoHerlambang M.Si. Kata Kunci Pemahamankonsep pendekatanscientific mind mapping. Pemahaman konsep memiliki manfaat bagi peserta didik untuk mempermudah mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu pemahaman konsep juga membantu peserta didik mengikuti perkembangan IPTEK sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan potensi-potensi dalam diri peserta didik. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa peserta didik di SMA Negeri 2 Malang terutama di kelas X IPS 3 belum dapat memahami konsep pada pembelajaran geografi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan 70 % nilai UAS peserta didik belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Rendahnya pemahaman konsep dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang belum disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik karena adanya proses berpikirsecarailmiahdankemudahandalammengidentifikasimateripembelajaran. Selain itumind mappingdapatmembantumengorganisirpemahamanbarudalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanpemahaman konseppesertadidik di kelas X IPS 3 denganmenggunakanpendekatanscientific denganbantuanmind mapping. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK). Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi catatanlapangan tes dandokumentasi. Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalah deskriptifkuantitatifdarihasiltespemahamankonseppesertadidik yang disajikandalambentuktabeldan diagram. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukandiperolehkesimpulanbahwapendekatanscientificdenganbantuanmind mappingdapatmeningkatkanpemahamankonseppesertadidikkelas X IPS 3 di SMA Negeri 2 Malang. Penerapanpendekatanscientificseharusnyabisadipadukandenganberbagaikegiatanpesertadidik. Oleh karena itu mind mapping dapat digunakan untuk membantu proses belajar dalam penerapan pendekatan scientific. Pemberian pengarahan tentang cara dan proses pembuatan mind mapping yang baik sangat penting untuk membantu peserta didik belajar dan membentuk pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53484

Actions (login required)

View Item View Item