Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang / Nur Huda Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang / Nur Huda Ahmad

Ahmad, Nur Huda (2016) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang / Nur Huda Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ahmad Nur Huda. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (II) Drs. M. Yusuf Idris. Kata Kunci Model Think Pair Share Motivasi Belajar Penelitian ini berdasarkan permasalahan dari hasil wawancara dan observasi awal di SMA N 9 Malang pada pelajaran geografi yang selama ini belum memperoleh hasil maksimal. Dari catatan hasil wawancara dengan siswa dan guru bahwa siswa belum mengetahui manfaat mempelajari geografi rendahnya pemahaman siswa terhadap materi geografi kurangnya konsentrasi dalam proses belajar dan juga dilihat dari nilai ujian akhir siswa yang masih rendah. Selain itu permasalahan penggunaan metode ceramah tanpa ada variasi dalam pembelajaran menyebabkan siswa jenuh. Dalam hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah pembelajaran geografi harus dialihkan yang semula berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajara TPS ini cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar geografi. TPS memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Hasil analisis diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang pada pra-tindakan sebesar 76 01. Dengan tiap indikator sebagai berikut Attention sebesar 76 46 dengan taraf keberhasilan baik Relevance sebesar 77 82 dengan taraf keberhasilan baik Convidence sebesar 77 92 dengan taraf keberhasilan baik Statisfaction sebesar 72 21 dengan taraf keberhasilan baik. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa meningkat sangat baik. Motivasi belajar siswa dapat meningkat sebesar 0 02 yaitu dari 76 01 pada saat pra-tindakan dan 76 03 setelah siklus I. Sedangkan pada siklus II motivasi meningkat sebesar 2 54 yaitu dari 76 03 setelah siklus I dan 78 57 setelah siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53483

Actions (login required)

View Item View Item