Penerapan cooperative lerarning model Two Stay Two Stray (TSZTS) untuk meninglkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember / Rizky Baggio Asmoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative lerarning model Two Stay Two Stray (TSZTS) untuk meninglkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember / Rizky Baggio Asmoro

Asmoro, Rizky Baggio (2016) Penerapan cooperative lerarning model Two Stay Two Stray (TSZTS) untuk meninglkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember / Rizky Baggio Asmoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmoro Rizky Baggio. 2016. Penerapan Cooperative Learning Model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. M. Yusuf Idris (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) hasil belajar. Pembelajaran geografi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember memiliki Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi SMA Negeri 2 Tanggul menunjukkan nilai rata-rata ujian tengah semester (UTS) genap dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 rendah yaitu 75 06. Hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai 8804 75 sebanyak 6 siswa siswa yang mendapat nilai 8805 75 sebanyak 26 siswa sehingga hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 masih rendah dalam pembelajaran geografi. Salah satu solusi yang digunakan dalam mengatasi masalah tesebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran geografi siswa pada kompetensi mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember melalui penerapan Cooperative Learning model Two Stay Two Stray. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yakni penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan serta untuk memperbaiki kondisi-kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75 65 pada siklus II meningkat sebesar 5 6% menjadi 79 9. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah diterapkan Cooperative Learning model Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Tanggul. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru geografi model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat diterapkan di kelas untuk mengatasi hasil belajar yang rendah. Selain itu diharapkan bagi guru untuk mengelola kelas dengan baik agar menjadi lebih kondusif dan manajemen waktu yang baik agar tidak menyita waktu pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53482

Actions (login required)

View Item View Item