Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada materi dinamika hidrosfer siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan / Tiya Yuda Hananingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada materi dinamika hidrosfer siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan / Tiya Yuda Hananingsih

Hananingsih, Tiya Yuda (2016) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada materi dinamika hidrosfer siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan / Tiya Yuda Hananingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hananingsih Tiya Yuda. 2016. Penerapan Model Pembelajaran JIGSAW untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (II) Ir. Juarti M.P. Kata kunci Pemahaman konsep geografi model pembelajaran JIGSAW Pemahaman konsep geografi merupakan dasar dan tahapan penting dalam rangkaian pembelajaran geografi. Kemampuan siswa untuk belajar geografi berhubungan langsung dengan pemahaman mengenai konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang ada dalam mata pelajaran geografi. JIGSAW merupakan salah satu model pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk belajar dengan cara berkelompok. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk memahami suatu konsep maupun materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa pada materi dinamika hidrosfer. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan dengan jumlah siswa 30. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama dua siklus setiap siklusnya dilakukan dalam dua kali pertemuan. Rancangan penelitian ini meliputi (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan (c) observasi dan (d) refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi wawancara dan tes dengan memaparkan data apa adanya yang telah terjadi di kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh peningkatan pemahaman konsep geografi siswa melalui penerapan model pembelajaran JIGSAW. Peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata pemahaman awal sebelum tindakan sebesar 72 22 meningkat sebanyak 2 68% sehingga rata-ratanya menjadi 74 16 pada siklus I. Dari siklus I ke siklus II rata-rata pemahaman konsep meningkat sebanyak 6 29% sehingga rata-ratanya menjadi 78 83. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran JIGSAW dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa pada materi dinamika hidrosfer. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran JIGSAW tidak hanya memerlukan pengaturan kelas yang baik kekompakan siswa dalam diskusi kelompok dan pemahaman siswa terhadap langkah-langkah pembelajaran. Namun dalam pembelajaran model JIGSAW ini membutuhkan panduan guru dalam setiap pelaksanaan langkah-langkahnya agar kegiatan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Selain itu tidak semua siswa cocok belajar dengan penerapan model pembelajaran JIGSAW. Jadi untuk membuat siswa selalu aktif dan antusias di setiap kegiatan belajar diperlukan variasi model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53478

Actions (login required)

View Item View Item