Kurniawan, Yoga Dian (2016) Peningkatan kemampuan berpikir ktitis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi / Yoga Dian Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Yoga Dian. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Drs. Didik Taryana M.Si. Kata Kunci Kemampuan Berpikir Kritis Model Inkuiri Terbimbing Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih didominasi menggunakan metode ceramah atau bercerita sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang diketahui dari cara menjawab pertanyaan pada saat diskusi masih merasa kesulitan untuk merumuskan suatu masalah dan kebingungan untuk menyimpulkannya serta tidak mampu untuk memberikan solusi alternatif yang baik.Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang menjadi rendah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus tindakan. Setiap siklus melakukan kegiatan pembelajaran dengan tiga kali pertemuan. Rancangan PTK yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus dan observasi dokumentasi serta catatan lapangan. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif yang selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data secara klasikal. Hasil analisis persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 67 nilai rata-ratanya sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 76 nilai rata-ratanya. Maka dari hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siklus I ke siklus II tersebut di kategorikan mengalami peningkatan sebesar 10%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang pada mata pelajaran geografi dengan materi pelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53477 |
Actions (login required)
View Item |