Pengaruh model pembelajaran team game tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang / Bayu Adi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran team game tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang / Bayu Adi Nugraha

Nugraha, Bayu Adi (2016) Pengaruh model pembelajaran team game tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang / Bayu Adi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha Bayu Adi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Purwanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci model pembelajaran Team Game Tournament motivasi belajar geografi. Model pembelajaran konvesional yang diterapkan guru di sekolah berdampak terhadap motivasi belajar geografi siswa. Siswa cenderung enggan mengikuti mata pelajaran geografi karena siswa merasa tidak bisa menerapkan pelajaran yang di dapat dalam kehidupan sehari-hari sehingga kurang bermanfaat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran Team Game Tournament bisa menjadi salah satu alternatif untuk menstimulasi motivasi belajar geografi siswa. Model pembelajaran dapat menstimulasi motivasi belajar geografi siswa karena mengandung unsur kompetisi dan penghargaan. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas X 6J2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6K2 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sample simple random sampling karena semua kelas X Ilmu Sosial mempunyai kemampuan yang hampir sama. Instrumen pengukuran motivasi belajar menggunakan angket dengan 20 butir penyataan. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Game Tournament berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata gain score 6 83 sedangkan nilai rata-rata gain score kelas kontrol sebesar 2 69. Model pembelajaran Team Game Tournament memiliki kelebihan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa karena mengandung unsur penguatan (reinforcement). Semua siswa dituntut untuk berkompetisi dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu. Saran untuk penelitian selanjutnya agar mendapat hasil yang optimal adalah motivasi siswa tidak hanya dibangun dari luar dengan cara pemberian hadiah tetapi motivasi juga perlu dibangun dari dalam diri siswa sendiri. Saat motivasi dari dalam diri siswa mampu dibangkitkan maka akan tercapai pembelajaran Team Game Tournament yang baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53475

Actions (login required)

View Item View Item