Zulva, Ayu Saidatuz (2016) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningklatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi pencemaran lingkungan kelas XI IPS 2 di MAN 2 Tulungagung / Ayu Saidatuz Zulva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zulva Ayu Saidatuz. 2016. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi pencemaran lingkungan kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung. Skripsi Jurusan Geografi Prodi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd Kata Kunci Model pembelajaran Think Pair Share kompetensi memecahkan masalah. Hasil observasi yang dilakukan di MAN 2 Tulungagung diketahui bahwa dalam pembelajaran geografi menggunakan model konvensional dengan metode ceramah diskusi dan Tanya jawab. Diskusi yang dilakukan melibatkan 1-8 siswa dalam satu kelompok banyak siswa yang mengandalkan anggota kelompok lainnya sehingga mempengaruhi pada kompetensi siswa dalam memecahkan masalah suatu permasalahan. Pada hasil ujian tengah semester (UTS) diketahui siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa (48%) sedangkan 24 siswa (52%) belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Think Pair Share yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah geografi siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri 2 jam pelajaran atau 90 menit. Tindakan yang dilakukan yaitu model pembelajaran Think Pair Share dengan langkah-langkah (1) guru memberikan kesempatan siswa untuk berpikir secara individu (thingking) (2) siswa berpasangan dengan kelompoknya untuk mendiskusikan hasil pemikiran mereka (pairing) (3) pasangan-pasangan kelompok membagikan jawaban mereka ke teman sekelas (sharing). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi siswa dalam memecahkan masalah mengalami peningkatan mulai Pra Tindakan siklus I ke siklus II. Pada Pra Tindakan presentase ketuntasan sebesar 47% (cukup). Pada siklus I mengalami peningkatan 29% atau rata-rata presentase ketuntasan sebesar 76% (baik). Sedangkan pada siklus II kompetensi siswa dalam memecahkan masalah mengalami peningkatan sebesar 24% atau rata-rata ketuntasasan 100% (sangat baik). Untuk pengkajian lebih dalam mengenai model pembelajaran Think Pair Share saran yang dapat diajukan bagi peneliti selanjutnya adalah diharapkan melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share tetapi menggunakan kemampuan yang berbeda dari penelitian sebelumnya atau menggunakan materi pembelajaran lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53474 |
Actions (login required)
View Item |