Sari, Eva Ratna Cempaka (2016) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar hidrosfer peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Tamansiswa semester II tahun 2015-2016 / Eva Ratna Cempaka Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cempaka Sari Eva Ratna. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) UntukMeningkatkanHasilBelajarHidrosferPesertaDidikPada Mata PelajaranGeografiKelas X SMA Tamansiswa Semester II Tahun 2015-2016.Skripsi JurusanGeografi FakultasIlmu Sosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mustofa M.Pd. (II) Drs. DjokoSoelistijo M.Si. Kata kunci HasilBelajar Group Investigation (GI) RefleksiawalterhadappembelajaranGeografi yang dilakukanbersamaandenganpelaksanaan KPL teridentifikasimasalah-masalahpembelajaransebagaiberikut (1) rendahnyaantusiasbelajarGeografipesertadidik (2) rendahnyahasilbelajarpesertadidikdenganbuktinilaihasilbelajarGeografidan (3) metodepembelajaran yang digunakanoleh guru masihdidominasiceramah. Dari ketigamasalahtersebutmakadapatditarikakarpermasalahan yang terjadiyaitumetodepembelajaran yang dipakaioleh guru dalammengajaryaitumetodeceramah PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarHidrosferpesertadidikpadamatapelajaranGeografikelas X IIS di SMA Tamansiswa Kota Malang. Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas (PTK) model Kemmisdan MC Taggart yang terdiridaritahapperencanaan tindakan observasidanrefleksiyang dilaksanakanmenggunakanduasiklus.Setiapsiklusterdiridaridua kali pertemuan. Teknikpengumpulan data menggunakantigacarayaitu(1) tesyang dilakukanpadasetiapakhirsiklus (2) observasi dan (3)catatanlapangan.Data yang terkumpuldianalisissecaradeskriptif. Hasilpenelitianinimenunjukkan model pembelajaranGroup Investigation (GI) dapatmeningkatkanhasilbelajarHidrosferpesertadidikpadamatapelajaranGeografi di kelas X IIS SMA Tamansiswa (Taman Madya) Kota Malang padaKompetensiDasar3.6 Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfera denganmateripokok SiklusHidrologi dan PerairanDarat baiksecaraindividumaupunklasikal.Selainitupenurunanpsikologipesertadidikmelauifaktordaridalamdanluardapatmempengaruhitujuanpembelajaran yang akandicapai. Berdasarkanhasilpenelitiandalammengajarpengelolaankelas yang baikdankemampuanmemberikanmotivasisangatdiperlukan. Sehingafaktor-faktordariluar yang munculketikapembelajaranberlangsungtidakmemberikandampak yang signifikanterhadaphasildari proses pembelajaran. Inovasipembelajaranjugadiperlukan di kelas agar pesertadidiktidakmerasabosandandapatmeningkatkanataupunmempertahankan prestasinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53473 |
Actions (login required)
View Item |