Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA / Sandy Ahmad Zulkarnain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA / Sandy Ahmad Zulkarnain

Zulkarnain, Sandy Ahmad (2016) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA / Sandy Ahmad Zulkarnain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulkarnain Sandy Ahmad. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Geografi SMA. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Bagus Setiabudi W S.Si. M.Si Kata Kunci Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Motivasi Belajar. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor pendorong dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Komponen utama motivasi adalah kebutuhan dorongan dan tujuan siswa. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran Team GamesTournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang memasukkan unsur berkelompok dan permainan serta adanya turnamen didalamnya sehingga akan memacu motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT)terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengetahui motivasi siswa menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent sample t-Testyang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 82 0 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 77 1 dengan nilai probabilitas(p) 0 001 sehingga ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sebagai alternatif model untuk digunakan dalam pembelajaran geografi. Selain itu pihak sekolah diharapkan memberikan informasi dan pelatihan-pelatihan tentang model pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan mendatangkan pihak-pihak yang berkompeten dalam model pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk pengetahuan guru dan mendukung kegiatan pembelajaran.Bagi peneliti selanjutya yang akan meneliti model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) disarankan untuk menambah atau menggunakan variabel-variabel lain selain motivasi belajar siswa diantaranya yaitu keaktifan siswa minat siswa dan lain-lain sebagai variabel terikat dan dengan tempat penelitian serta jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53470

Actions (login required)

View Item View Item