Pembelajaran public pedagogy dalam rubrik citizen reporter (studi kasus di Harian Surya) / Poppy Trisnayanti Puspitasari

Puspitasari, Poppy Trisnayanti (2019) Pembelajaran public pedagogy dalam rubrik citizen reporter (studi kasus di Harian Surya) / Poppy Trisnayanti Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Puspitasari, Poppy Trisnayanti. 2017. Rubrik Citizen Reporter Sebagai Bentuk Public Pedagogy (Studi Kasus di Harian Surya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, M.Pd (2) Dr. Sri Wahyuni, Mpd Kata Kunci: Public Pedagogy, citizen reporter, Harian Surya Citizen Reporter, merupakan salah satu rubrik yang terdapat dalam surat kabar Harian Surya. Berbeda dengan rubrik lain yang diberitakan oleh wartawan profesional, Citizen Reporter justru diberitakan oleh warga biasa. Surat kabar merupakan bentuk pendidikan informal melalui ruang publik atau disebut public pedagogy. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian terkait public pedagogy di dalam rubrik Citizen Reporter Harian Surya. Rubrik Citizen Reporter Harian Surya menjadi setting penelitian, karena telah berdiri semenjak tahun 2006. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan terkait bentuk pendidikan luar sekolah dalam rubrik Citizen Reporter Harian Surya, khususnya bentuk pendidikan informal dan public pedagogy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk keabsahan data dilakukan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Citizen Reporter memiliki satu halaman penuh dilengkapi gambar dan tiga tulisan berupa reportase. Unsur-unsur yang memenuhi Citizen Reporter sebagai bentuk Citizen Journalism, antara lain: (1) Warga biasa, (2) Bukan wartawan profesional, (3) Terkait fakta atau peritiwa yang terjadi, (4) Memiliki kepekaan atas fakta atau peristiwa yang terjadi itu, (5) Memiliki peralatan teknologi informasi, (6) Memiliki keingintahuan yang tinggi, (7) Memiliki kemampuan menulis atau melaporkan, (8) Memiliki semangat berbagi informasi dengan lainnya, (9) Memiliki blog pribadi atau blog sosial dan akrab sengan dunia online, (10) Menayangkan hasil liputannya di media online seperti blog atau media sosial, dan (11) Tidak berharap imbalan atas apa yang ditulisnya. Aspek-aspek yang memenuhi Citizen Reporter sebagai bentuk pendidikan informal, antara lain: (1) Tidak berjenjang, (2) Tidak memiliki jangka waktu tertentu dalam proses pendidikannya, (3) Pembelajaran yang berlangsung berdasarkan ketidaksengajaan dan (4) Tidak memiliki bukti tamat belajar. Prinsip dan asumsi yang memenuhi Citizen Reporter sebagai bentuk public pedagogy, antara lain: : (a) Asumsi bahwa pendidikan tak sekedar sekolah formal, (b) Asumsi bahwa pendidikan formal mengadopsi pendekatan tradisional, (c) Asumsi bahwa public pedagogy lebih penting dari sekolah formal, dan (d) Adanya ii paham neoliberalisme (bahwa kesadaran masyarakat dicetak oleh pasar, pemilik modal). Panduan bertindak dalam teori ini antara lain: (a) Memberi ruang public intellectualism, (b) Adanya institusi yang berfungsi memantau, mengawasi, mengendalikan performa ruang publik, (c) Diperlukan regulasi yang menjadi acuan untuk terwujudnya ruang publik yang edukatif, dan (d) Diperlukan konsultan professional dari lulusan PLS, yang tidak tersedia di dalam rubrik. Terdapat proses pembelajaran yang terjadi antara editor, penulis dan pembaca. Proses pembelajaran tersebut, berupa cara menulis yang baik dan benar, informasi yang didapat pembaca dari tulisan penulis dan informasi yang didapat dari interaksi antara editor, penulis dan pembaca. Konten tulisan di dalam Citizen Reporter, menjadi pusat terjadinya proses pembelajaran. Saran dalam penelitian berikut, ditujukan untuk rubrik Citizen Reporter Harian Surya agar terus menjadi media independen, yang tidak terpengaruh iklim politik dalam pemberitaannya. Untuk mahasiswa, akademisi dan praktisi PLS, yaitu hendaknya penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan acuan sebagai lanjutan penelitian memegunakan teori public pedagogy, mengingat penelitian tersebut di Indonesia belum pernah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5347

Actions (login required)

View Item View Item