Identifikasi rendahnya minat siswa pada kelas peminatan geografi (studi pada siswa kelas XII IPA dan Bahasa SMAN 6 Malang) / Husnul Karisma - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi rendahnya minat siswa pada kelas peminatan geografi (studi pada siswa kelas XII IPA dan Bahasa SMAN 6 Malang) / Husnul Karisma

Karisma, Husnul (2016) Identifikasi rendahnya minat siswa pada kelas peminatan geografi (studi pada siswa kelas XII IPA dan Bahasa SMAN 6 Malang) / Husnul Karisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karisma Husnul. 2016. Identifikasi Rendahnya Minat Siswa Pada Kelas Peminatan Geografi (Studi Pada Siswa Kelas XII IPA dan Bahasa SMAN 6 Malang). Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si. (II) Ir. Juarti M.P. Kata kunci rendahnya minat geografi faktor belajar Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan melaui pembaharuan kurikulum pendidikan. Pada kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas terdapat ketentuan mata pelajaran wajib dan pilihan atau peminatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Malang karena minat siswa pada mata pelajaran geografi tergolong rendah yakni kurang dari 20 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor yang dapat menjadi penyebab rendahnya minat siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya minat siswa pada mata pelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan bidang IPA dan Bahasa dengan sampel yang digunakan ialah 2 kelas yakni kelas XII IPA 2 dan XII Bahasa yang berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sample random sampling. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Guttman dengan dua skala sebagai pilihan jawabannya yakni ya dan tidak . Teknik pengumpulan datanya menggunakan sistem angket sedangkan untuk jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini kuisioner dibagikan pada tanggal 30 Maret 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase terbesar dari penyebab rendahnya minat siswa yaitu persepsi siswa mengenai geografi sebanyak 35 %. Persepsi tersebut meliputi anggapan siswa mengenai geografi sebagai ilmu hafalan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) responden dalam penelitian harusnya di wawancara lebih mendalam untuk mendapatkan data yang lebih akurat (2) penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi sebagai upaya peningkatan minat siswa pada geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53466

Actions (login required)

View Item View Item