Pengembangan peta digital sebagai media pembelajaran geografi pada materi pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pembangunan / Iga Maulana Farkhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan peta digital sebagai media pembelajaran geografi pada materi pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pembangunan / Iga Maulana Farkhan

Farkhan, Iga Maulana (2016) Pengembangan peta digital sebagai media pembelajaran geografi pada materi pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pembangunan / Iga Maulana Farkhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farkhan Iga Maulana. 2016. Pengembangan Peta Digital sebagai Media Pembe-lajaran Geografi pada Materi Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pembangunan. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mustofa M.Pd. (II) Purwanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pengembangan peta digital pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pembangunan Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada keterbatasan media Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. SIG merupakan materi geografi teknik yang bersifat aplikatif. Sifat aplikatif tersebut mendasari kebutuhan terhadapmedia untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembela-jaran yang memiliki fungsi SIG dan peta dalam bentuk digitalmenyesuaikan ma-teri Pemetaan dan SIG untuk Pembangunan. Hasil dari pengembangan tahap awal berupa prototipe yang telah divalidasi selanjutnya diujikan untuk dikaji keefek-tifannya. Penelitian inimengacu pada model pengembangan Borg Gall. Peneliti-an ini menggunakan tujuh tahap yaitu (1) pengumpulan informasi (2) perencana-an (3) penyusunan prototipe (4) validasi (5) revisi (6) uji coba lapangan dan (7) desiminasi dan implementasi. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini beru-pa data kuantitatif yang berasal dari angket yang diisi oleh siswa. Validasi dila-kukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari validasi berupa saran perbaikan terhadap media yang dikembangkan. Saran perbaikan dari validator selanjutnya dianalisis untuk menentukan penggunaannya dalam perbaikan produk. Data hasil uji coba dianalisis dengan cara menginterpretasikan data tersebut kedalam garis skala dan tabel persentase. Hasil interpretasi data hasil uji coba kemudian dides-kripsikan untuk memperjelas sajian data. Berdasarkan hasil uji coba didapatkan total skor 1.628 dari 1.950 sebagai skor maksimal. Skor sebesar 1.680menurut garis skala memiliki kriteria di antara efektif dan sangat efektif. Skor kemudian diinterpretasikan kedalam bentuk per-sentase. Hasil interpretasi kedalam bentuk persentase sebesar 83 5%. Persentase sebesar 83 5% menunjukkan media yang dikembangkan memiliki kategori sangat efektif. Produk berupa media pembelajaran inihanya menyajikan konsep contoh pemanfaatan peta dan aplikasi SIG untuk pembangunan. Keterbatasan tersebut menjadikan media ini masih memiliki berbagai kelemahan. Saran berdasarkan ha-sil kajian produk adalahmemperlengkap muatan dan lebih menyederhanakan pengoperasian media. Hasil pengembangan lebih baik juga diujikan dan diekspe-rimenkan dalam skala nasional untuk memperoleh hasil yang lebih valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53463

Actions (login required)

View Item View Item