Pengembangan buku teks geografi model NCERT Biology Textbook for Class XI materi potensi geografis Indonesia SMA/MA kelas XI / Atik Istikhomatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi model NCERT Biology Textbook for Class XI materi potensi geografis Indonesia SMA/MA kelas XI / Atik Istikhomatin

Istikhomatin, Atik (2016) Pengembangan buku teks geografi model NCERT Biology Textbook for Class XI materi potensi geografis Indonesia SMA/MA kelas XI / Atik Istikhomatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istikhomatin Atik. 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi Model NCERT Biology Textbook for Class XI Materi Potensi Geografis Indonesia SMA/MA Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. (II) Purwanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pengembangan Buku Teks NCERT biology Potensi Geografis Indonesia. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh kualitas buku teks geografi yang rendah dan tingkat ketergantungan guru dan siswa terhadap buku teks tinggi.Hasil identifikasi terhadap buku teks geografi yang ditulis oleh Tim Masmedia (2014) pada materi potensi geografis Indonesia menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pada aspek materi bahasa dan penyajian gambar. Kesalahan pada aspek materi yaitu terdapat data yang tidak tepat konsep dan konten materi tidak sesuai dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Kesalahan pada aspek bahasa terletak pada penyusunan kalimat dan paragraf. Kesalahan pada penyajian gambar yaitu media gambar tidak berfungsi dengan baik. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku teks geografi yang lebih baik daripada buku yang sudah ada. Produk buku teks disusun dengan meniru desain buku NCERT Biology. Materi pada buku teks difokuskan pada pokok bahasan potensi geografis Indonesia yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan kurikulum 2013. Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan berdasarkan model Borg and Gall. Namun pada pengembangan ini dilakukan modifikasi menjadi enamlangkah yaitu (1) analisis materi (2) pengembangan produk (3) validasi produk (4) revisi awal (5) uji coba lapangan terbatas dan (6) revisi akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Lawang sebanyak 27 siswa. Uji coba dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data nilai tes pemahaman siswa. Instrumen yang digunakan pada uji coba berupa lembar soal berbentuk esai sejumlah 6 soal. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan dan rekomendasi dari validator ahli materi media serta bahasadan kuantitatif diperoleh dari tes pemahaman siswa. Rekomendasi dari validator yaitu perbaikan konsep perbaikan penggunaan tanda baca dan penambahan resolusi pixel gambar. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa secara klasikal persentase tingkat pencapaian ketuntasan belajar siswa sebesar 88% dan nilai rata-rata kelas sebesar 81. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa secara umum produk buku teks baik dan layak untuk digunakan. Saran dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi tiga hal yaitu saran pemanfaatan perbaikan untuk pengembangan selanjutnya dan kegiatan diseminasi. Saran tersebut yaitu penggunaan buku teks dapat dilengkapi dengan literatur lokal yang memuat materi potensi geografis daerah diseminasi dapat dilakukan dengan mempublikasikan produk melaui internet dan untuk pengembangan selanjutnya dapat menambahkan materi kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53462

Actions (login required)

View Item View Item