Yuliantin, Irma (2016) Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi SMA / Irma Yuliantin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuliantin Irma. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi SMA. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yususf Suharto M.Pd (II) Dr. Budi Handoyo M.Si. Kata kunci model pembelajaran inquiry kemampuan berpikir analitis Penggunaan suatu model dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang dimiliki oleh siswa. Model pembelajaran inquiry dipilih karena kegiatan belajar yang dilakukan melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis kritis logis analitis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Pelaksanaan model pembelajaran inquiry dimulai dari siswa mengajukan pertanyaan kemudian dilanjutkan dengan membuat hipotesis siswa mengumpulkan data melalui kegiatan penyelidikan data yang sudah diperoleh dianalisis dan disesuaikan dengan hipotesis siswa membuat kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran Geografi SMA. Sesuai dengan rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran Geografi SMA. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling karena semua kelas X IPS mempunyai kemampuan yang hampir sama. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir analitis menggunakan soal esai sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0 022 yang berarti 0 05. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran inquiry memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Saran yang bisa diberikan oleh peneliti adalah guru bisa menggunakan model pembelajaran inquiry untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis siswa dan peneliti lain diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan berpikir lainnya dengan menggunakan model pembelajaran inquiry.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53459 |
Actions (login required)
View Item |