Pengembangan bahan ajar geografi kelas X SMA materi mitigasi dan adaptasi bencana dengan pendekatan keruangan / Era Septi Fitarsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar geografi kelas X SMA materi mitigasi dan adaptasi bencana dengan pendekatan keruangan / Era Septi Fitarsari

Fitarsari, Era Septi (2016) Pengembangan bahan ajar geografi kelas X SMA materi mitigasi dan adaptasi bencana dengan pendekatan keruangan / Era Septi Fitarsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitarsari S. Era. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Kelas X SMA Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana dengan Pendekatan Keruangan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata Kunci bahan ajar mitigasi dan adaptasi bencana pendekatan keruangan. Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran.Pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan bahan ajar yang relevan. Bahan ajar utama yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah saat ini adalah jenis bahan ajar cetak berupa buku teks. Kondisi bahan ajar jenis buku teks tersebut memiliki kelemahan. Hasil analisis materi dari salah satu bahan ajar cetak berupa buku tes geografi kelas X yang ditulis oleh Suparmin dkk memiliki kelemahan dari segi materi. Kajian keruangan dalam bahan ajar tersebut masih minim terutama pendekatan keruangan yang terintegrasi dalam materi. Penggunaan pendekatan keruangan akan lebih sempurna dan menarik bagi siswa apabila disajikan dengan menggunakan gambar dan peta. Hasil analisis tersebut menjadi dasar langkah awal pengembangan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar yang baik dan relevan harus sesuai dengan kurikulum dan mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai yaitu KD 3.7 menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedural Borg Gall yang mempunyai sepuluh tahapan dan dimodifikasi menjadi tujuh langkah. Hasil modifikasi tersebut yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) desain bahan ajar (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji lapangan dan (7) produk akhir bahan ajar. Uji lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tumpang. Subjek uji coba adalah siswakelasX IIS 2. Tahap uji lapangan bertujuan untuk memperoleh data tingkat pemahaman siswa terhadap penguasaan materi dalam bahan ajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes pemahaman siswa. Dari hasil tes pemahaman siswa terhadap isi bahan ajar menunjukkan rata-rata nilai kelas siswa adalah 77 71 % jika diverifikasi dengan nilai KKM maka nilai rata-rata kelompok subjek uji coba telah memenuhi standar. Berdasarkan hasil tes tersebut mengindikasikan bahan ajar efektif digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar ini masih memiliki kekurangandarisegiisi oleh sebab itu disarankan adanya penelitian lebih lanjut dengan memperbaiki kekurangan pada bahan ajar. Produk bahan ajar ini akan lebih mudah dipahami siswa dengan menggunakan media audiovisual tentang materi mitigasi dan adaptasi bencana. Diseminasi produk dilakukan melalui MGMP geografi dimuat di jurnal ilmiah dan melalui website jurusan geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53458

Actions (login required)

View Item View Item