Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap berpikir kritis siswa / Zumaro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap berpikir kritis siswa / Zumaro

Zumaro (2016) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap berpikir kritis siswa / Zumaro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zumaro. 2016. Pengaruh Model PembelajaranInkuiriterhadapBerpikirKritisSiswa.Skripsi JurusanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing I Drs. I KomangAstina M.S. Ph.D. pembimbing II ArdyantoTanjung S.Pd. M.Pd. Kata kunci Inkuiri Berpikir Kritis Pengaruh Inkuiri terhadap Berpikir Kritis Berpikir kritis merupakan kemampuanindividudalammenanggapidan menganalisis suatupermasalahan yang ada di sekitarnya. Berpikir kritis perlu dikembangkan karena penting dalam pembelajaran geografi. Hal ini dikarenakan geografi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mempelajari mengenai alam atau gejala yang ada di bumi saja tetapi juga mempelajari hubungan antar gejala tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Inkuiri merupakan model pebelajaran yang berbasis penyelidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA An Nur Bululawang pada materi pelestarian lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan nonequevalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran berpikir kritis siswa berupa soal yang diberikan pada saat pretest dan postest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji tpada taraf signifikasi 945 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 82.64 dan 76.23. Hasil uji tpada taraf signifikasi 945 5% adalah 0.034 0.05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti selanjutnya perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai berpikir kritis untuk meningkatkan kemampuan siswa pada indikator mengevaluasi. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53455

Actions (login required)

View Item View Item