Hutomo, Satrio Haryo (2016) Penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) untuk meningkatkan pemahaman konsep DAS siswa kelas X.I IIS SMAN 9 Malang semester genap 2015/2016 / Satrio Haryo Hutomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hutomo Satrio Haryo. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep DAS Siswa Kelas X.I IIS SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mustofa M.Pd (2) Drs. Didik Taryana M.Si Kata kunci Interactive Conceptual Instruction (ICI) pemahaman konsep Refleksi awal terhadap pembelajaran geografi yang dilakukan di kelas X.I IIS SMAN 9 Malang melalui observasi dan wawancara teridentifikasi masalah-masalah pembelajaran yang menyebabkan tingkat pemahaman siswa rendah yaitu (1) kurangnya kemandirian siswa (2) rendahnya motivasi belajar siswa (3) rendahnya keaktifan belajar siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya nilai siswa yaitu sebanyak 62 06% siswa memperoleh nilai di bawah standar ketuntasan yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X.I IIS SMAN 9 Malang dengan jumlah 30 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai pemahaman konsep yang diperoleh dari ulangan harian dan setelah siklus. Nilai ulangan harian merupakan nilai pemahaman awal sebelum siklus dan nilai pemahaman akhir setelah siklus. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata pemahaman sebelum siklus dengan nilai pemahaman akhir setelah siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang dilihat dari nilai tes pemahaman yang diberikan. Nilai yang diperoleh dari pratindakan (pemahaman awal) dengan siklus I terjadi peningkatan yaitu 9 6 atau 12 86%. Sedangkan nilai yang diperoleh dari pemahaman awal terhadap nilai akhir setelah siklus II terjadi peningkatan yaitu 13 3 atau 17 82%. Saran untuk guru Geografi yaitu model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) efektif apabila diterapkan pada kelompok kecil terdiri 3 siswa dengan sistem penugasan berbasis aktivitas. Bagi peneliti lanjut dapat melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) dalam pelajaran geografi pada materi lain dengan variabel selain pemahaman konsep diantaranya hasil belajar motivasi belajar komunikasi dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53452 |
Actions (login required)
View Item |