Pengembangan buku teks geografi materi kondisi geografis Indonesia model buku blue gold / Falik Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi materi kondisi geografis Indonesia model buku blue gold / Falik Wardana

Wardana, Falik (2016) Pengembangan buku teks geografi materi kondisi geografis Indonesia model buku blue gold / Falik Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardana Falik. 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi Materi Kondisi Geografis Indonesia Model Buku Blue Gold. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Ir. Juarti M.P. Kata Kunci pengembangan buku teks geografi blue gold Pengembangan buku teks didasari permasalahan kelemahan dan kesalahan yang masih ditemukan dalam buku teks geografi. Kelemahan dan kesalahan tersebut diketahui setelah dilakukan analisis terhadap buku teks geografi penerbit Erlangga (2013) pada materi kondisi geografis Indonesia. Kelemahan dan kesalahan tersebut yaitu (1) isi (konten) buku teks didominasi oleh fakta/data (2) kesalahan penggunaan tanda baca dan kosa kata (3) susunan kalimat dan paragraf yang tidak tepat (4) kesalahan konsep dan (5) ilustrasi yang tidak berfungsi. Pengembanganini bertujuan untuk menghasilkan produk buku teks geog-rafi materi kondisi geografis Indonesia untuk SMA/MA kelas XI yang didesain dengan model buku Blue Gold. Pemilihan model buku didasaridengan standar kelayakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) meliputi (1) materi (2) penyajian (3) kebahasaan dan (4) ilustrasi. Pengembangan buku teks ini mengikuti langkah-langkahDick and Carey yang dimodifikasi kemudian dipilih delapan langkah disesuaikan dengan kebu-tuhan yaitu (1) menganalisis kesalahan dan kelemahan buku teks geografi pener-bit Erlangga (2013) pada materi kondisi geografis Indonesia (2) memilih model buku acuan dalam pengembangan (3) menyusun draft buku teks geografi (4) validasi buku teks oleh ahli materi (5) revisi draft buku teks (6) uji coba lapangan (7) revisi dan (8) diseminasi. Hasil uji coba lapangan menunjukkan nilai rata-rata siswa terhadap tes pe-ngetahuan dan pemahaman materi kondisi geografis Indonesia mencapai 80 48. Hal ini lebih dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran geografi di MAN 1 Malang yakni 78. Secara klasikal 84% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Merujuk pada kriteria tingkat pemahaman yang diadaptasi dari Akbar (2013) skor tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Oleh karena itu produk buku teks layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53450

Actions (login required)

View Item View Item