Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMAN 7 Malang / Windi Andika Lufitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMAN 7 Malang / Windi Andika Lufitasari

Lufitasari, Windi Andika (2016) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMAN 7 Malang / Windi Andika Lufitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lufitasari Windi Andika Eka. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto SH M.Pd M.Si (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Kemampuan Memecahkan Masalah Pembelajaran geografi di SMA menuntut peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi salah satunya yaitu kemampuan memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan memecahkan masalah peserta didik adalah Problem Based Learning (PBL). Penerapan model pembelajaran ini di dalam kelas memilki kelebihan diantaranya mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah secara berkelompok melibatkan mereka dalam penyelidikan dan membantu mereka belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian termasuk Quasi Eksperiment. Penelitian dilaksanakan di SMAN 7 Malang. Rancangan yang digunakan posttest control group design. Analisis data penelitian yang digunakan Uji Statistik Parametrik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Instrumen penilaian menggunakan soal essai yang sebelumnya telah diujivaliditas dan reliabelitasnya kemudian diberikan sesudah perlakuan penelitian. Analisis yang digunakan adalah Independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis t-test didapatkan bahwa nilai signifikansi adalah 0 04

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53447

Actions (login required)

View Item View Item