Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa MAN 1 Malang melalui penerapan pembelajaran model Team Assisted Individualization (TAI) / Renni Ayu Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa MAN 1 Malang melalui penerapan pembelajaran model Team Assisted Individualization (TAI) / Renni Ayu Anggraeni

Anggraeni, Renni Ayu (2016) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa MAN 1 Malang melalui penerapan pembelajaran model Team Assisted Individualization (TAI) / Renni Ayu Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Renni Ayu. 2016. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 1 Malang melalui Penerapan Pembelajaran Model Team Assisted Individualization (TAI). Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani W. M.Si. (II) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. Kata Kunci Keaktifan Hasil Belajar Team Assisted Individualization (TAI) Kurikulum 2013 lebih menekankan siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan kurikulum 2013 adalah MAN 1 Malang. Berdasarkan pengamatan walaupun telah menerapkan kurikulum 2013 proses pembelajaran di kelas XI-IIS 1 mayoritas siswanya masih kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Perolehan nilai rata-rata ulangan tengah semester siswa adalah 60 6 dimana KKM yang diterapkan adalah 75. Dari 25 siswa hanya terdapat 3 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang secara garis besar ada 4 tahapan yang harus dilaksanakan. Tahapan yang harus dilalui meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IIS1 MAN 1 Malang melalui penerapan model Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dimana masing-masing siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Rata-rata keaktifan siklus I sebesar 73 96 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82 96. Sedangkan rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I 76 12 kemudian meningkat menjadi 82 92 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI-IIS1 MAN 1 Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka peneliti memberikan saran (1) Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran Geografi pada materi selain potensi geografis Indonesia untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. (2) Bagi guru geografi model Team Assisted Individualization (TAI) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. (3) Bagi sekolah penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat menjadi salah satu alternatif pilihan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk perbaikan mutu dan kualitas pembelajaran. (4) Bagi siswa pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat membantu meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53446

Actions (login required)

View Item View Item