Amelya, Mike (2016) Hubungan motivasi berprestasi dan intensitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri se-Kota Malang / Mike Amelya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amelya Mike. 2016. Hubungan Motivasi Berprestasi dan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri Se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Geografi Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto SH M.Pd M.Si (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata Kunci motivasi intensitas prestasi belajar Prestasi Belajar dipengaruhi oleh banyak faktor dalam dunia pendidikan. Faktor tersebut antara lain motivasi berprestasi dan intensitas belajar. Intensitas belajar mempunyai kaitan erat dengan motivasi berprestasi karena intensitas belajar salah satu sumber motivasi berprestasi bagi siswa untuk mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar (2) hubungan intensitas belajar dengan prestasi belajar (3) Hubungan Motivasi Berprestasi dan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMAN Se-kota Malang dengan jumlah sampel penelitian yang diambil sejumlah 150siswa SMA Negeri se-Kota Malang dengan teknik quota sampling. Variabel penelitian ini berupa motivasi berprestasi intensitas belajar dan prestasi belajar. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Product Moment Person dan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan sebagai berikut Pertama terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi nilai korelasinya sebesar r -0 168 dan p(sig) 0.039. Kedua tidak terdapat hubungan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi nilai korelasinya sebesar r -0 014 dan p(sig) 0 862. Ketiga terdapat hubungan dengan nilai R sebesar 0 278 dan p(sig) 0 003 antara motivasi berprestasi dan intensitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri se-Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53445 |
Actions (login required)
View Item |