Pengaruh model pembelajaran everyone is a teacher terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik dalam pembelajaran geografi SMA / Yusnia Zuhro Khusnani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran everyone is a teacher terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik dalam pembelajaran geografi SMA / Yusnia Zuhro Khusnani

Khusnani, Yusnia Zuhro (2016) Pengaruh model pembelajaran everyone is a teacher terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik dalam pembelajaran geografi SMA / Yusnia Zuhro Khusnani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnani Yusnia Z. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Terhadap KemampuanBerkomunikasiPesertaDidikdalamPembelajaranGeografiSMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. MarhadiSlametKistiyanto M.Si (II) Drs. SudarnoHerlambang M.Si Kata Kunci kemampuan berkomunikasi modelpembelajaranEveryone Is A Teacher Komunikasimenjadibagian yang tidakterpisahkandariseluruhaktivitasmanusia termasukaktivitaspendidikan.Peserta didik mempunyai pemahamantentangmateri yang diajarkan namun belum mampu mengkomunikasikannya dengan baik. Model pembelajaranEveryone Is A Teachermemotivasisemuapesertadidikuntukaktifdanmemberikesempatanuntukmengajartemannya.Denganmodel pembelajaranEveryone Is A Teacherpesertadidikdituntutuntukmengajarsesamapesertadidik sehinggabisamengembangkankemampuanberkomunikasipesertadidikpadasaat proses pembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajaranEveryone Is A Teacherterhadapkemampuanberkomunikasipadapesertadidikkelas XI IIS 3 SMAN 1 Kepanjen. Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemudenganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelas XI IIS 3 sebagaikelaseksperimendankelas XI IIS 2 sebagaikelaskontrol.Instrumenuntukmengetahuikemampuanberkomunikasimenggunakansoal pretest danpostestsecaralisandantulis. Teknikanalisis yang digunakanadalahuji t tidakberpasangan (Independent Samples Test) yang dapatdiselesaikandenganbantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruh yang signifikandari model pembelajaran Everyone Is A Teacher. Dari hasilanalisis data diketahuibahwanilaikomunikasikelaseksperimenmemiliki rata-rata sebesar 86 29untuktestulisdan 88 11untukteslisan sedangkankelaskontrolmemiliki rata-rata 81 43untuktestulisdan 84 00 untukteslisandenganmasing-masingnilaiprobabilitas (p) 0 033 dan (p) 0 041 sehinggaadapengaruh model pembelajaranEveryone Is A Teacherterhadapkemampuanberkomunikasipadapesertadidikkelas XI IIS. Disarankanbagi Guru harusmemikirkanmanajemenwaktusupayasintaksdari model pembelajaraninidapatterlaksanadenganbaik. Selainitu dalampenunjukannomorsecaraacak guru hendaknyadapatmenunjuknomorsecaramerata agar setiappesertadidikmendapatkesempatanuntukditunjuk.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengujicobakan model Everyone Is A Teacherpadamateriberbedadanvariabelselainkomunikasipesertadidik yang sesuaikeadaanpesertadidik tempatpenelitiansertajenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53443

Actions (login required)

View Item View Item