Fitriani, Maulida Nur A (2016) Pengaruh pembelajaran kooperatif model point counter point terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Maulida Nur Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriani Maulida Nur. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Point Counter Point Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta didik Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Point counter point berpikir analitis Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis adalah model point counter point. Kelebihan model pembelajaran point counter point mampu mengembangkan pemikiran peserta didik mempertajam hasil pembicaraan dan menganalisis permasalahan lebih mendalam. Penggunaan model point counter point disesuaikan dengan materi yang berbasis masalah dan menimbulkan berbagai sudut pandang pemikiran peserta didik sehingga peserta didik mencoba berpikir dan mengungkapkan pendapat mengenai permasalahan yang dibahas dalam proses pembelajaran dengan beradu argumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran point counter point terhadap kemampuan berpikir analitis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengukuran kemampuan berpikir analitis menggunakan 5 soal esai yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t atau Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif model point counter point terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis lebih tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran kooperatif model point counter point terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53442 |
Actions (login required)
View Item |