Pengaruh model pembelajaran group investigation di luar sekolah kelas (outdoor study) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar / Melly Enggal Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation di luar sekolah kelas (outdoor study) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar / Melly Enggal Lestari

Lestari, Melly Enggal (2016) Pengaruh model pembelajaran group investigation di luar sekolah kelas (outdoor study) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar / Melly Enggal Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari MellyEnggal. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMAN TALUN Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Ir. Juarti MP Kata kunci Model Pembelajaran Group Investigation (GI) kemampuan berpikir kritis Kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berpikir kritis apabila siswa tersebut melakukan kegiatan berpikir secara mendalam. Sehingga perlu adanya pemeriksaan dan penalaran yang kuat untuk menemukan keputusan yang dapat dipercaya. Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki akan membuat siswa berusaha memperluas pengetahuan. Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah siswa dapat mengidentifikasi memberi argument dan membuat kesimpulan dari suatu masalah yang ada. ModelGroup Investigation (GI) merupakansuatu model pembelanjaran yang memungkinkansiswabelajarsecarakelompok yang melibatkansiswadalamperencanaan baikdalammenentukantopikdancaramempelajarimelaluiinvestigasi. Kegiatanini agar siswamempunyaikemampuanmemecahkanmasalahdanmengembangkankemampuanmenelititerhadapsuatutopik atauobjekkhusus. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi (quasi eksperiment). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Talun.. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan posttest only group design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (76 09) dari pada kelas kontrol (66 09). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi siswa SMAN 1 Talun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53441

Actions (login required)

View Item View Item