Persepsi dan kesiapan guru geografi terhadap implementasi kurikulum 2013 di SMA/MA se-Kabupaten Blitar / Aprilia Dwi Rizki Puspa Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan kesiapan guru geografi terhadap implementasi kurikulum 2013 di SMA/MA se-Kabupaten Blitar / Aprilia Dwi Rizki Puspa Wardani

Wardani, Aprilia Dwi Rizki Puspa (2016) Persepsi dan kesiapan guru geografi terhadap implementasi kurikulum 2013 di SMA/MA se-Kabupaten Blitar / Aprilia Dwi Rizki Puspa Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani ApriliaDwiRizkiPuspa. 2016. PersepsidanKesiapan Guru GeografiterhadapImplementasiKurikulum 2013 di SMA/MA Se-KabupatenBlitar.Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. HendriPurwito M.Si (II) ArdyantoTanjung S.Pd M.Pd. Kata Kunci Persepsi Kesiapan Guru Geografi Kurikulum 2013. Pendidikanmemilikiperanan yang sangatpentingdalamupayapeningkatankualitassumberdayamanusia.Menyadaripentingnyahaltersebut pemerintahterusberupayamelakukanperbaikandanpengembangankurikulum.Kurikulum 2013 merupakankurikulum yang telahdisepakatiuntukdiimplementasikansecarabertahapmulaitahunajaran 2013/2014.Bukanhal yang mudahuntukmempersiapkan guru yang ideal sesuaidenganharapankurikulum 2013 dalamwaktu yang cukupsingkat terutamauntukmerubahmindset guru yang padaawalnyahanyabertugasuntukmengajar sementaradalamKurikulum 2013 guru dituntutuntukmengarahkanpesertadidikmenjadiaktif kreatif produktif dankritis. Hal inimenjadikendalatersendirikarenatidaksemua guru memilikikompetensitersebut.Olehkarenaitu persepsidankesiapan guru menjadisangatpentingmengingat guru merupakanpengendaliutamadalamkegiatanpembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipersepsidankesiapan guru geografi di SMA/MA se-KabupatenBlitarterhadapimplementasiKurikulum 2013.Rancanganpenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatifdengan instrument penelitianberupaangketpersepsidanrubrikobservasikesiapan.Subjekpenelitianiniadalah guru geografi di SMA/MA se-KabupatenBlitar.Data yang terkumpulkemudiandianalisisdenganmenggunakanteknikpersentase yang kemudiandiklasifikasikanberdasarkankategorinya. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) persepsi guru geografiterhadapimplementasiKurikulum 2013 tergolongsangatbaik yang ditunjukkandengannilai rata-rata sebesar 81 28 (2) kesiapan guru geografiterhadapimplementasiKurikulum 2013 tergolongsiapyang ditunjukkandengannilai rata-rata kesiapansebesar 75 53. Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwa persepsi guru geografiterhadapimplementasiKurikulum 2013 di SMA/MA se-KabupatenBlitarsangatbaik.Sedangkanuntukkesiapan guru geografi di SMA/MA se-KabupatenBlitartergolongsiapbaikdariaspekperencanaan pelaksanaan danevaluasipembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53440

Actions (login required)

View Item View Item