Hubungan frekuensi bermain game online mobile moba dengan minat belajar mahasiswa FIP UM / Amirul Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan frekuensi bermain game online mobile moba dengan minat belajar mahasiswa FIP UM / Amirul Akbar

Akbar, Amirul (2018) Hubungan frekuensi bermain game online mobile moba dengan minat belajar mahasiswa FIP UM / Amirul Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Akbar Amirul. 2018. Hubungan Frekuensi Bermain Game Online Mobile MOBA dengan Minat Belajar Mahasiswa FIP UM. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Wahyuni M.Pd. (II) Dr. Umi Dayati M.Pd. Kata Kunci Frekuensi bermain Minat belajar Game online Mobile MOBA Game online saat ini merupakan permainan yang ramai dimainkan oleh berbagai kalangan khususnya di kalangan mahasiswa. Ada banyak jenis game online yang bisa dimainkan di perangkat mobile salah satunya adalah game online berjenis MOBA. Frekuensi merupakan tingkat keseringan melakukan sesuatu. Frekuensi bermain dapat diartikan sebagai tingkat keseringan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan karena bermain dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Minat merupakan suatu perasaan tertarik terhadap sesuatu. Minat belajar dapat diartikan sebagai ketertarikan terhadap kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara frekuensi bermain game online mobile MOBA dengan minat belajar mahasiswa FIP UM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasi sederhana dengan mengambil populasi mahasiswa FIP UM. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 50 responden penelitian yaitu mahasiswa FIP UM dari 6 jurusan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis menggunakan SPSS diketahui bahwa tingkat keseringan mahasiswa yang bermain game online mobile MOBA adalah tinggi (sering) hasil analisis untuk tingkat minat belajar mahasiswa diperoleh hasil pada kategori sedang dam tidak ada hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain game online mobile MOBA dengan minat belajar mahasiswa FIP UM tetapi berpotensi mempengaruhi minat belajar mahasiswa FIP UM karena terbukti bahwa arah hubungan antara variabel frekuensi bermain dan minat belajar adalah negatif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi mahasiswa FIP UM dapat mengendalikan kebiasaan bermain game online supaya tidak mempengaruhi minat belajar. Bagi jurusan PLS diharapkan dengan hasil penelitian ini menjadi bahan kajian untuk memaknai fenomena kebiasaan/kegemaran mahasiswa FIP UM bermain game online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item