Penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan model jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kraksaan / Dewi Rhomila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan model jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kraksaan / Dewi Rhomila

Rhomila, Dewi (2016) Penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan model jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kraksaan / Dewi Rhomila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rhomila Dewi. 2016. Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kraksaan. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Model Jigsaw Pendekatan Scientific Pemahaman Konsep Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian adalah rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini ditandai dengan 93 1% siswa tidak tuntas pada pelaksanaan UTS. Hal tersebut berhubungan dengan penggunaan model pembelajaran yang guru gunakan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan pendekatan Scientific dengan menggunakan model Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 29 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan tindakan catatan lapangan dan soal tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan. Peningkatan antara pra tindakan dengan siklus I yaitu 66 4% dari klasifikasi pemahaman cukup menjadi baik. Sedangkan antara siklus I dengan siklus II 11 6% dari klasifikasi pemahaman baik menjadi sangat baik. Saran peneliti yaitu model yang peneliti gunakan dapat diterapkan untuk pembelajaran kurikulum 2013 khususnya untuk meningkatkan pemahaman konsep. Peningkatan pemahaman terletak pada kegiatan mengamati yang terintegrasi dengan model Jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53439

Actions (login required)

View Item View Item