Ariyanti, Aisofa (2016) Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA se-kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Aisofa Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ariyanti Aisofa. 2016. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Se-Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (2) Ir. Juarti M.P. Kata Kunci Pemanfaatan internet Sumber Belajar. Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan IPTEK yang mampu memberikan informasi secara cepat dimanapun dan kapanpun. Menyadari bahwa buku cetak yang menjadi pegangan siswa sebagai sumber belajar memiliki materi yang terbatas sangat memungkinkan siswa untuk mencari tambahan referensi lain. Salah satu alternatif untuk mencari tambahan materi yang pelajaran secara cepat dengan menggunakan fasilitas internet. Internet sebagai sumber belajar diharapkan mampu menjadi bagian dari suatu proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran geografi SMA di Kecamatan Pandaan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi SMA di Kecamatan Pandaan dan seberapa besar pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran geografi SMA di Kecamatan Pandaan. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Analisis data penelitian yang digunakan adalah persentase. Instrumen penelitian menggunakan angket yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabelitasnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi SMA di Kecamatan Pandaan termasuk dalam kriteria sedang dengan rata-rata persentase dari 5 sekolah negeri/swasta adalah sebesar 57 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran geografi SMA di Kecamatan Pandaan sudah baik tetapi belum optimal penggunaannya sebagai sumber belajar. Saran diberikan kepada 1) sekolah agar memperbaiki fasilitas wifi disekolah 2) siswa supaya lebih optimal dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi 3) peneliti perlu dilakukan penelitian mengenai pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi SMA pada wilayah yang lebih luas beserta kendala-kendala yang dapat menghambat. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |