Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IPS 2 MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016 / Rendra Arjita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IPS 2 MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016 / Rendra Arjita

Arjita, Rendra (2016) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IPS 2 MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016 / Rendra Arjita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arjita Rendra. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifPesertaDidikKelas XI IPS 2 MAN Kota BatuTahunAjaran 2015/2016. Skripsi JurusanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.S (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata Kunci Cooperative Script KemampuanBerpikirKreatif Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih berupa ceramah dan tanya jawab. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik tidak terstimulus selama kegiatan pembelajaran karena dalam proses diskusi pemecahan masalah peserta didik hanya menyalin dari hasil pencarian mereka di internet. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut makatujuan yang akandicapaidalampenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberpikirkreatifpesertadidikkelas XI IPS 2 MAN Kota Batudenganpenerapan model pembelajaranCooperative Script. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenggunakanduasiklus masing-masingsiklusterdiridariduapertemuandengan 4 tahapanpenelitianyaituperencanaan pelaksanaan observasidanrefleksi. Teknikpengumpulan data dilaksanakandenganduacarayaitutes yang dilakukansetiapakhirsiklusdanlembarobservasisertacatatanlapangan. Data tersebutdianalisisdenganperhitungan rata-rata danpersentase yang kemudiandiartikansecaradeskriptifkualitatif.Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas XI IPS 2 MAN Kota Batu. Kegiatanpembelajaranpadasiklus I masihdidapatipesertadidik yang tidakmengertilangkahpembelajarandankegiatandiskusitidakkondusifdengananggotakelompok 4 pesertadidik.Padasiklus II kegitanpembelajaranberjalansecaraefektif pengurangananggotadiskusimenjadi 3 pesertadidikterbuktidapatmembuatseluruhpesertadidikberaktifitasdenganmaksimal pesertadidiktidaklagibingunglangkahpembelajarandankemampuanberpikirkreatifpesertadidiksudahterstimulus. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatankemampuanberpikirkreatifpesertadidikdenganditerapkannya model pembelajaranCooperative Script. Peningkatan rata-rata kemampuanberpikirkreatifpesertadidikpadasiklus I sebesar 60.77 meningkatmenjadi 77.10 padasiklus II denganpersentasepeningkatansebesar 26.86%. Kesimpulan yang dapatdiambildaripenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranCooperative Scriptdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifpesertadidikpadamatapelajarangeografi di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batupadapokokbahasanpelestarianlingkunganhidup.Disarankanuntuklangkahkegiatandisampaikanpadaawalkegiatanpembelajarandanpembentukankelompokdengananggota yang tidakterlalubanyak agar seluruhpesertadidikdapatberkegiatandenganmaksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53433

Actions (login required)

View Item View Item