Pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas X di SMAN 1 Talun / Erdina Elfi Riana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas X di SMAN 1 Talun / Erdina Elfi Riana

Riana, Erdina Elfi A (2016) Pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas X di SMAN 1 Talun / Erdina Elfi Riana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erdina Elfi Riana. 2016. Pengaruh Model PembelajaranPenemuan(Discovery Learning)terhadapKeterampilanGeografiPesertadidikKelas X di SMAN 1 Talun. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Purwanto S.Pd M.Si. (2) Drs. M.Yusuf Idris. Kata Kunci Model PembelajaranPenemuan(Discovery Learning) KeterampilanGeografi Penerapankurikulum 2013dalampembelajarandi SMA tidakterpakupadapenguatanpengetahuan melainkandiimbangidenganpenguatansikapdanketerampilan. Salah satumatapelajaran yang menerapkanketerampilanpesertadidikdalampembelajaranadalahgeografi. Keterampilangeografiberfungsiuntukmempermudahpemahamandananalisisfenomena-fenomenageosfer.Salah satubentukupayadalampenguatanketerampilangeografipesertadidikyaitumodelpembelajaranpenemuan(discovery learning). Pembelajaraninimendorongpesertadidikuntukmenemukandanmenyelidikisendiripengetahuan yang dipelajari. Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhpenerapanmodelpembelajaranpenemuan(discovery learning)terhadapketerampilangeografipesertadidikkelas X IPS di SMAN 1 Talun.Rancangan penelitian ini termasukmetodepenelitianeksperimenkuasi(quasi experiment) denganmenggunakanbentukpre-test post-test control group design.Subjekpenelitiannyaadalahpesertadidikkelas X IPS 1 sebagaikelaseksperimendanpesertadidikkelas X IPS 2 sebagaikelaskontrol. Instrumenpenelitianmenggunakansoal yang berbentukessai denganjumlahsoalnyasebanyak 5 butirsoal yang sudahdilakukanujivaliditas reliabilitas tingkatkesukaran dandayabedasebelumnyapadatingkatankelas di atasnya. Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakananalisisstatistikdenganmenggunakan program SPSS 16.0 for Windows.Ujiprasyarat yang terdiridariujinormalitasdanhomogenitasdilakukansebelumdilakukanujihipotesis.UjihipotesisdilakukandenganmenggunakanIndependent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwaadapengaruh yang signifikanpenerapanmodel pembelajaranpenemuan(discovery learning)terhadapketerampilangeografipesertadidikkelas X IPS di SMAN 1 Talun yang ditunjukkandengan rata-rata nilaigain scoreyang dimilikikelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol yaitu 8 82 untukkelaseksperimendan 0 66 untukkelaskontrol.Hasil rata-rata nilaigain score yang tinggi menandakanbahwaPadahasilujihipotesisjugamenunjukkannilaisig. (2-tailed) yang diperolehadalah 0 000. Hal tersebutmenandakannilai sig. (2-tailed) 945 (0 05) dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranpenemuan(discovery learning)adapengaruhterhadapketerampilangeografipesertadidikkelas X IPS di SMAN 1 Talun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53430

Actions (login required)

View Item View Item