Pengaruh scientific approach terhadap pengetahuan kebencanaan siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi / Nur Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh scientific approach terhadap pengetahuan kebencanaan siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi / Nur Hidayah

Hidayah, Nur (2016) Pengaruh scientific approach terhadap pengetahuan kebencanaan siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi / Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Nur. 2015. Pengaruh Scientific Approach Terhadap Pengetahuan Kebencanaan Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi Progam Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet K. M.Si (II) Drs. Budi Handoyo M.Si. Kata kunci Scientific Aprroach Pengetahuan Pendekatan scientific memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar diberbagai mata pelajaran. Pada mata pelajaran geografi pendekatan tersebut belum terbukti dapat meningkatkan pengetahuan kebencanaan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh scientific approach terhadap pengetahuan geografi siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gondanglegi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasiexperiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design . Subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari dua kelas eksperimen. Kelas X IPS 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X-IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan pemberian pretest dan posttes tuntuk mengukur pengetahuan siswa. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu gain score hasil belajar yang dianalisis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran Scientific Approach terhadap pengetahuan kebencanaan siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata hasil belajar geografi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53429

Actions (login required)

View Item View Item