Perbandingan model pembelajaran think pair share dan think pair square terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang / Inayatul Musyrifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran think pair share dan think pair square terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang / Inayatul Musyrifin

Musyrifin, Inayatul (2016) Perbandingan model pembelajaran think pair share dan think pair square terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang / Inayatul Musyrifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musyrifin Inayatul. 2015. Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. Kata Kunci Think Pair Share Think Pair Square Kemampuan Berpikir Kritis Model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Kedua model ini memiliki tahapan yang hampir sama karena Think Pair Square hasil modifikasi dari Think Pair Share. Perbedaan antar keduanya terletak pada tahapan pengelompokkan di mana Think Pair Share hanya terjadi satu kali pengelompokkan sedangkan Think Pair Square terjadi dua kali pengelompokkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan (2) mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Square lebih baik dari pada Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS SMAN 9 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain post test only randomized group design. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Square. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t untuk hipotesis pertama dan membandingkan nilai rata-rata tes kedua kelas untuk menguji hipotesis kedua. Hasil dari penelitian ini adalah (1) uji hipotesis menunjukan nilai signifikan atau probabilitas 0 005 0 05 maka H0 ditolak. (2) nilai tes (post-test) kelompok eksperimen 1 dengan model pembelajaran Think Pair Share sebesar 83 21 dan eksperimen 2 dengan model pembelajaran Think Pair Square sebesar 89 94. Lebih tinggi kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 2 sebanyak 6 73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square (2) model pembelajaran Think Pair Square lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis daripada model pembelajaran Think Pair Share. Model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square memiliki kelebihan yang mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu disarankan untuk digunakan dalam melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Didukung dengan pembelajaran yang bersifat kontekstual akan menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53428

Actions (login required)

View Item View Item