Pertiwi, Ella (2016) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar geografi peserta didik kelas XI SMAN 2 Batu / Ella Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pertiwi Ella. 2016. Pengaruh Model PembelajaranTeams Games Tournament (TGT) TerhadapMinatBelajarGeografiPesertaDidikKelasXI SMAN 2 Batu.Skripsi JurusanGeografi Prodi PendidikanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. YuswantiArianiWirahayu M. Si (II) Bagus SW S. Si M. Si Kata Kunci Model PembelajaranTeams Games Tournament (TGT) minatbelajarGeografisiswa Model pembelajaran yang baikyaitumampumenumbuhkankerjasama kreatifitas dankeaktivanpesertadidikdalammengikuti proses belajarmengajar. Salah satu model yang dapatmewujudkansikaptersebutadalahTeams Games Tournament (TGT).Model TGT secarasederhanadiartikansebagaipembelajarandenganteknikpermainanberkelompok.Kegiatanpembelajaranberupabelajarkelompok gameakademik danpenghargaandikemasmenyenangkandanmenantangsehinggamembuatpesertadidikterlibataktif.Keberhasilansuatukegiatanpembelajarantidakterlepasdariminatbelajarpesertadidik.Minatmempunyaipengaruh yang besarterhadap proses belajarmengajarkhususnya di sekolah. Pesertadidik yang tidakberminatdalambelajarakanacuhdantidakmemperhatian guru saatkegiatanpembelajaran. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpembelajaranmodel pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) terhadapminatbelajarGeografipesertadidikkelas XI SMAN 02 Batu.PenelitianiniadalaheksperimendenganrancanganpenelitianmenggunakanPostest-Only Control Design.Subyek yang digunakanadalahkelas XI IIS 1 sebagaikelaseksperimendan XI IIS 2 sebagaikelaskontrol.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahkuisioner.Untukmengetahuihasilpenelitian dilakukanskoringpada data kuisioner yang telahdiperolehdilapangan.Analisis data dalampenelitianinimenggunakanuji t-testdenganmenggunakan program SPSS for Windows 16.0. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyaperbedaan rata-rata nilaiminatbelajarGeografi.Padakelaseksperimenlebihbesardibandingkankelaskontrolyaitusebesar 87 25danpadakelaskontrolsebesar 80 09.Ketertarikanpadakelaskontrolsebesar81 danpadakelaseksperimen88.Perasaansenangpadakelaskontrolsebesar76danpadakelaseksperimen83.Perhatianpadakelaskontrolsebesar84danpadakelaseksperimen 91. Berdasarkananalisis data danpembahasandapatdiambilkesimpulanbahwa model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) berpengaruhterhadapminatbelajarGeografisiswakelas XI SMA Negeri 02 Batu.Guru disarankanmenerapkan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) karenadapatmeningkatkanminatbelajarpeserta didik khususnyapadamatapelajaranGeografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53427 |
Actions (login required)
View Item |