Persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru geografi SMAN di Kabupaten Tulungagung / Ariani Mustikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru geografi SMAN di Kabupaten Tulungagung / Ariani Mustikawati

Mustikawati, Ariani (2016) Persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru geografi SMAN di Kabupaten Tulungagung / Ariani Mustikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustikawati Ariani.2016. Persepsi Peserta Didik Terhadap Kompetensi Guru Geografi SMAN Di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci persepsi peserta didik kompetensi guru Guru profesional merupakan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi. Kompetensi guru mencakup kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Namun fakta di lapangan terdapat guru yang belum mengaktualisasikan kompetensinya dengan optimal. Kompetensi guru dapat direspon oleh peserta didik dan menghasilkan persepsi. Hal ini terjadi karena guru memberikan stimulus yang dapat diindera oleh peserta didik. Apabila guru tidak mengaktualisasikan kompetensinya maka dapat mempengaruhi persepsi peserta didiknya. Hal tersebut menjadikan peserta didik tidak mempunyai kepercayaan terhadap guru dan rendahnya minat peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap kompetensi pedagogik kepribadian sosial profesional dan seluruh kompetensi guru geografi SMAN di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas X dan XI yang menerima mata pelajaran geografi. Terdapat 11 sekolah dan peneliti mengambil 5 sekolah untuk dijadikan sampel. Peserta didik yang ada di 5 sekolah tersebut diambil sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah pemberian angket tertutup. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif yang meliputi frekuensi persentase dan skala. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru geografi tergolong baik. Kedua persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru geografi tergolong sangat baik. Ketiga persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru geografi tergolong sangat baik. Keempat persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru geografi tergolong baik. Kelima persepsi siswa terhadap seluruh kompetensi guru geografi tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru agar mempertahankan kompetensi yang dimilikinya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran secara mandiri mengikuti seminar workshop ataupun program lainnya secara berkala. Selain itu diperlukan pemberian fasilitas yang mendukung dari sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53426

Actions (login required)

View Item View Item