Rismayanti, Anita (2016) Pengembangan buku teks geografi model buku a-level chemistry for senior high school student volume 3A materi pelestarian lingkugan hidup dan pembangunan berkelanjutan SMA kelas XI / Anita Rismayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rismayanti Anita. 2016. PengembanganBukuTeksGeografi Model Buku A-Level Chemistry For Senior High School Student Volume 3AMateriPelestarianLingkunganHidupdan Pembangunan Berkelanjutan SMA Kelas XI. Skripsi. Program StudiPendidikanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. EdyPurwanto M.Pd. (II) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. Kata Kunci BukuTeksGeografi Model A-Level Chemistry for Senior High School Student Volume 3A PelestarianLingkunganHidupdan Pembangunan Berkelanjutan. Penelitiandanpengembanganinididasaripadapermasalahanketergantungan guru dansiswaterhadapbukuteksgeografidanrendahnyakualitasbukuteksgeografi. Setelahdilakukananalisiskualitasbukuteksgeografi yang ditulisolehWardiyatmoko (2014) padamateripelestarianlingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutanditemukanbeberapapermasalahan yang mendasar yaitu 1) isibukusangatluasdankeluardaritujuanpembelajaran 2) susunankalimatdanparagraf yang kurangtepat 3) media gambar yang tidakberfungsi. Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanprodukbukuteksgeografimateripelestarianlingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutanuntuk SMA kelas XI yang didesainmenggunakan model bukuA-Level Chemistry for Senior High School Student Volume 3A. Produkbukuteksdapatdimanfaatkanoleh guru dansiswadalampembelajaran. Bagi guru produkbukuteksdapatdijadikansalahsatubahan ajar. Bagisiswa produkbukuteksdapatdijadikansumberbelajar. Prosedurpenelitiandanpengembangandilakukanberdasarkan model Dick and Carey dengan 8 tahap. Tahapannyayaitu 1) menganalisiskesalahandankelemahanbukuteksgeografikaranganWardiyatmoko (2014) kelas XI materipelestarianlingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutan. 2) memilih model buku yang akandijadikanacuandalampengembangan. 3) menyusun draft bukuteksgeografi. 4) validasibukuteks meliputi tanggapanahliisi (materi) bahasa dandesain. 5) revisi draft bukuteks 6) ujicobalapangan 7) revisi 8) produksi (cetak). Hasilujicobalapanganmenunjukkanrata-rata tingkatpemahamansiswaterhadapbukutekssebesar 86 42 dari KKM 78. Sedangkan untuknilaiketuntasanbelajarklasikalmencapai88 46%. Berdasarkanskortersebut produkbukutekslayakdigunakansebagaibahan ajar. Saran yang dapatdilakukanuntukpengembangselanjutnya yaitu 1) produkbukuteksdapatditambahlagitentangmateripembangunanberkelanjutan yang belumdijelaskansecaraeksplisit. 2) penggunaanistilahkimiaseperti CaSO4 (kalsiumkarbonat) padapengolahanlimbahcairdan gas dapatdijelaskanmenggunakangambaratau video. 3)produkbukuteksperludijelaskanlebihdetailtentang proses pengolahanlimbah gas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53425 |
Actions (login required)
View Item |