Rosyida, Eva (2016) Pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang / Eva Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rosyida Eva. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Sumber Belajar terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas X IIS SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Ir. Juarti M.P. Kata Kunci pemanfaatan lingkungan alam sumber belajar pemahaman konsep Keberhasilan proses pembelajaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah penggunaan sumber belajar. Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan infirmasi kepada Posisi sumber belajar tidak kalah penting dari media maupun model pembelajaran. Hal ini dikarenakan sumber belajar berfungsi sebagai sumber interaksi siswa dengan informasi yang dipelajari. Salah satu sumber yang dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi adalah pemanfaatan lingkungan alam. Lingkungan alam merupakan sumber belajar nyata dan riil sehingga dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Keunggulan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar adalah kegiatan pembelajaran lebih menarik hakikat belajar akan lebih bermakna dan siswa dapat memahami aspek yang ada di kehidupannya sehingga dapat memunculkan sikap cinta lingkungan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X IIS. Metode penelitian ini termasuk kedalam eksperimen semu dengan Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas X J 2 sebagai kelas eksperimen dan X K 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling karena semua kelas X IIS memiliki kemampuan yang hampir sama atau homogen. Instrumen pengukuran pemahaman konsep menggunakan soal tes yang berjumlah 4 soal sedangkan uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data berupa uji normalitas dan homogenitas yang kemudian hipotesis didapatkan berdasarkan perhitungan Independent Simple T-test. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi kelas X IIS. Pernyataan tersebut dapat ditunjukkan berdasarkan hasil selisih pretest posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 12.03 daripada kelas kontrol yang hanya 0.94. Selain itu pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi kelas X IIS ditunjukkan dari nilai signifikansi yang lebih kecil daripada taraf signifikansi (0.046 0.05). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi kelas X IIS SMAN 9 Malang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah guru diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kelas dan pengkondisian siswa agar sumber belajar dapat dimanfaatkan secara optimal dan peneliti lain diharapkan mampu melengkapi data-data penelitian yang berhubungan dengan variabel yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |