Yuda, Fransiska Devi (2016) Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang / Fransiska Devi Yuda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuda Fransiska Devi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang. Skripsi. Pendidikan Geografi Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Drs. Mustofa M.Pd Kata Kunci model pembelajaran Problem Based Learning berpikir analitis media video Alasan kuat yang mendasari penelitian ini yaitu adanya perpaduan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media video yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam memecahkan suatu masalah. Model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video merupakan model pembelajaran yang menyajikan permasalahan nyata dimana suatu masalah ditampilkan melalui tayangan video. Penerapan model pembelajaran ini di dalam kelas memiliki kelebihan diantaranya mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah yang ada dalam video secara berkelompok melibatkan mereka dalam penyelidikan pilihan sendiri dan membantu mereka belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan design penelitian post test control group design. Subjek penelitian yaitu kelas XI SMA Negeri I Lawang yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling berdasarkan nilai rata-rata UAS semester genap tahun ajaran 2015/2016. Dari teknik tersebut maka diperoleh 2 kelas yakni kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa soal essay yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik parametrik yakni uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bepikir analitis pada kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang. Hal tersebut ditunjukkaan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0.000 karena nilai probabilitas hasil uji t sebesar 0.000 0.05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yakni 78.61 dibanding kelas control yakni 66.50 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis pada kelas XI IIS SMA Negeri I Lawang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53423 |
Actions (login required)
View Item |