Evaluasi kesesuaian lahan pantai Cacalan di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro sebagai tujuan wisata / Haris Aldino - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kesesuaian lahan pantai Cacalan di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro sebagai tujuan wisata / Haris Aldino

Aldino, Haris (2016) Evaluasi kesesuaian lahan pantai Cacalan di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro sebagai tujuan wisata / Haris Aldino. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aldino Haris. 2016. Evaluasi Kesesuaian Lahan Pantai Cacalan Di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Sebagai Daerah Tujuan Wisata. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mustofa M.Pd. (II) Drs. M. Yusuf Idris. Kata kunci daerah tujuan wisata Pantai Cacalan kesesuaian lahan Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa yang memiliki potensi wisata alam yang sangat melimpah. Potensi-potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Banyuwangi belum dikelola secara optimal. Salah satu pantai yang masuk dalam RTRW tapi belum dikembangkan adalah Pantai Cacalan. Pada observasi awal kondisi fisik Pantai Cacalan mendukung sebagai daerah tujuan wisata. Seharusnya ada evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan Pantai Cacalan sebagai daerah tujuan wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengkajian tentang unit lahan menggunakan parameter-parameter fisik yang menghambat dan mendukung kegiatan wisata. Evaluasi kesesuaian lahan yang dilakukan untuk menemukan potensi fisik Pantai Cacalan. Berdasarkan potensi fisik yang dimiliki dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam arah pengembangan Pantai Cacalan sebagai daerah tujuan wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan metode pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode pengukuran lapangan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara membandingkan dengan kriteria kesesuaian lahan pantai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar kerja lapangan lembar observasi dan daftar data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan scorring. Hasil penilaian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Pantai Cacalan sebagai daerah tujuan wisata memperoleh total skor sebesar 115. Pantai Cacalan memiliki kecepatan angin rata-rata 4 7 m/s dengan topografi pantai sebesar 8 61616 lebar gisik rata-rata 13 4 meter dengan tinggi gelombang rata-rata 0 49 m. Berdasarkan Jarak ketersediaan air Pantai Cacalan masuk kategori sesuai yaitu 0 007km dari shoreline. Penutup lahan pantai berupa lahan terbuka pohon kelapa dan rumput. Tipe pantai dari Pantai Cacalan merupakan pantai berpasir dengan warna hitam sementara aksesibilitas Pantai Cacalan tergolong mudah dijangkau sarana transportasi tersedia dan jalan yang sangat baik. Tingkat kesesuaian lahan Pantai Cacalan tergolong dalam kategori sangat sesuai untuk dijadikan daerah tujuan wisata. Katergori tingkat kesesuaian lahan pantai tersebut berdasarkan hasil klasifikasi dari semua indikator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53422

Actions (login required)

View Item View Item