Pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada masa golden age (studi kasus pada perbedaan pendidikan orangtua) / Septya Nova Tri Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada masa golden age (studi kasus pada perbedaan pendidikan orangtua) / Septya Nova Tri Wijayanti

Wijayanti, Septya Nova Tri (2018) Pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada masa golden age (studi kasus pada perbedaan pendidikan orangtua) / Septya Nova Tri Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wijayanti Septya Nova Tri. 2016.Pengasuhan Orangtua dalam Menanamkan Nilai-nilai Positif pada Anak Masa Golden Age (Studi Kasus pada Perbedaan Pendidikan Orangtua). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd. (II) Dr. Zulkarnain Nasution M.Pd M.Si Kata Kunci Pengasuhan orangtua nilai-nilai positif masa golden age Pengasuhan adalah cara orangtua mendidik anaknya. Setiap keluarga (orangtua) memiliki gaya pengasuhan yang berbeda sehingga orangtua memiliki berbagai cara menerapkan nilai-nilai positif pada anak masa golden age. Masa golden age adalah masa aktif anak belajar dan bertanya sehingga orangtua memiliki kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai positif. Peneliti mengkaji dan meneliti tentang pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak masa golden age. Fokus penelitian diarahkan pada (1) pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak masa golden age dan (2) cara orangtua menerapkan nilai-nilai positif pada anak masa golden age. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif studi kasus penelitian ini dilakukan oleh peneliti secara langsung dengan latar yang alamiah dan memusatkan perhatian pada suatu peristiwa secara rinci. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan linear yaitu mempersiapkan data yang telah diperoleh hingga mengklasifikasikan data sesuai dengan tema. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada masa golden age di keluarga berpendidikan tinggi pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada masa golden age di keluarga berpendidikan menengah pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada masa golden age di keluarga berpendidikan rendah (2) cara orangtua menerapkan nilai-nilai positif pada masa golden age yaitu dengan membuat kesepakatan pengasuhan memberikan contoh pendampingan orangtua komunikasi dua arah dengan anak pengalaman pengasuhan di masa lalu dan pembiasaan pengasuhan Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi orangtua dalam menerapkan pengasuhan kepada anak orangtua dapat melihat dan merasakan hasil pengasuhan atau didikan dari yang dilakukan oleh orangtuanya dulu dan bisa dijadikan pertimbangan untuk menerapkan pengasuhan kepada anaknya. Ketika mendidik anak orangtua tetap harus menyesuaikan zamannya nilai-nilai esensinya akan tetap sama tetapi pola pengasuhan dan caranya mengajarkan nya berbeda. Selain itu orangtua juga harus terus belajar mengembangkan pengetahuan dalam memahami pengasuhan yang tepat dalam menanamkan dan mengajarkan nilainilai positif kepada anak (2) dapat digunakan oleh peneliti lain sebagai referensi. Selain itu penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan perbandingan penelitian dengan topik lain yang sejenis agar dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item