Pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Fiqih Ainal Farah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Fiqih Ainal Farah

Farah, Fiqih Ainal (2016) Pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Fiqih Ainal Farah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farah Fiqih Ainal. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata kunci PembelajaranSnowball Throwing Motivasi Belajar Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu model pembelajaran Snowball Throwing. Kelebihan model pembelajaran Snowball Throwing yakni dapat melatih kesiapan dalam merumuskan pertanyaan membuat siswa lebih tertarik dengan adanya permainan dapat melatih menyampaikan gagasan mengajari makna kerjasama dan tanggungjawab serta siswa akan termotivasi meningkatkan kemampuannya. Model pembelajaran Snowball Throwing dieksperimenkan kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar geografi siswa dilihat dari aspek motivasi yaitu aspek perhatian relevansi percaya diri dan kepuasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu pada kompetensi dasar Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain non equivalent (pretest dan post test)control-gorup. Subjek yang diteliti adalah kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol. Data motivasi diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu gain score motivasi belajar siswa dan dianalisis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Hal tersebut dapat dibuktikan darihasil uji hipotesis penelitian dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 81 5 dibanding kelas kontrol yakni 77 maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53415

Actions (login required)

View Item View Item