Pengembangan media animasi pembelajaran berbasis videoscrible sparkol padsa materi siklus air untuk siswa kelas X / Iwan Riyono Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi pembelajaran berbasis videoscrible sparkol padsa materi siklus air untuk siswa kelas X / Iwan Riyono Efendi

Efendi, Iwan Riyono (2016) Pengembangan media animasi pembelajaran berbasis videoscrible sparkol padsa materi siklus air untuk siswa kelas X / Iwan Riyono Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efendi I. Riyono. 2016. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Videoscribe Sparkol pada Materi Siklus Air untuk Siswa Kelas X. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. Kata Kunci media animasi videoscribe sparkol siklus air Hasil telaah terhadap siklus air menunjukkan bahwa ada kebutuhan media yang dapat mempermudah siswa memahami proses yang ada di dalamnya. Media tersebut dibutuhkan agar lokasi dan gerakan air pada setiap proses tersebut dapat dengan mudah diamati siswa. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa mempelajari siklus air. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media animasi pembelajaran berbasis videoscribe sparkol pada materi siklus air untuk siswa kelas X yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan tersebut meliputi Analysis (Analisis) Design (Rancangan) Develop (Pengembangan) Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diuji cobakan kepada subjek uji coba yang terdiri dari guru geografi dan 30 siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinilai layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba media pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa 86 7% siswa memperoleh hasil belajar yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak dan efektif untuk menjelaskan materi siklus air. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru menggunakan media animasi pembelajaran berbasis videoscribe sparkol ini terutama pada materi siklus air. Selain itu disarankan pula agar pengembang lainnya mengembangkan media serupa dengan materi yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53413

Actions (login required)

View Item View Item