Hasanah, Nur (2016) Pengembangan suplemen buku ajar gepografi berbasis ayat-ayat Al-Qur'an model buku mengenal Allah, alam, sains dan teknologi materi sumber daya alam untuk siswa kelas XI SMA/MA sederajat / Nur Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasanah Nur. 2016. Pengembangan Suplemen Buku Ajar Geografi Berbasis Ayat Al-Qur anModel Buku Mengenal Allah Alam Sains dan Teknologi Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Marhadi SK Msi (II) Drs. Mustofa MPd. Kata Kunci pengembangan suplemen buku ajar geografi. Pengembangan suplemen buku ajarberbasis ayat Al-Qur an dengan materi sumber daya alam bagi pembelajaran di jenjang pendidikan menengah atas dilatarbelakangi oleh tiga hal yaitu tingkat ketergantungan guru maupun siswa terhadap buku relatif tinggi hasil analisis terhadap kualitas buku yang menunjang pembelajaran menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan ditinjau dari aspek substansi maupun kebahasaan dan tuntutan akan KI-1 berupa ranah sikap spiritual dalam K-13. Tingkat ketergantungan guru dan siswa terhadap buku relatif tinggi sehingga diperlukan tindakan yang bersifat maju untuk memenuhi kebutuhan sarana pembelajaran tersebut. Kualitas buku yang beredar sebagai sumber belajar secara meluas masih rendah sehingga diperlukan langkah-langkah penyempurnaan. Substansi produk yang berisi materi sumber daya alam dengan kaitannya dalam Al-Qur an merupakan dasar mempelajari geografi sesuai dengan tuntutan kurikulum dalam ranah sikap spiritual. Penelitian ini berupaya mengembangkan suplemen buku ajargeografi berbasis ayat Al-Qur an materi sumber daya alam. Buku suplemen yang dikembangkan ini didesain menggunakan tata bahasa yang baku menyajikan materi dengan berbasis Al-Qur an memiliki substansi yang valid serta menyajikan gambar yang relevan uraian materi. Materi buku suplemen difokuskan pada pembahasan Sumber Daya Alam kurikulum 2013bidangstudigeografiuntuk SMA/MA kelas XI. Prosedur pengembangan ini mengacu pada model prosedural menurut Sugiono. Penerapan prosedur pengembangan model Sugiono disederhanakan dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yaitu 1) analisis potensi dan masalah 2) mendesian produk 3) prototipe 4)validasi ahli 5) revisi produk 6) uji coba lapangan dan 7) produk akhir. Subjek uji coba yaitu siswa kelas XI IIS 1 MAN 1 Malang. Tujuan uji coba untuk mengumpulkan data respon siswa. Data respon siswa dianalisis dengan cara direduksi dan disitematiskan dalam bentuk tabel. Data respon siswa dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data respon siswa dipperoleh dua kesimpulan yang terkait dengan teknis perbaikan dan kualitas produk. Kesimpulan pertama yakni perbaikan yang disarankan menurut hasil validasi ahli dan uji coba lapangan meliputi aspek materi bahasa media AL-Qur an dan desain. Kesimpulan kedua yakni penerapan buku suplemen produk pengembangan ini dapat mendukung proses pembelajaran dengan tuntutan KI-1 ranah sikap spiritual. Fungsi buku suplemen sebagai buku ajar semakin optimal bila didukung oleh faktor individu berupa minat spiritual yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53412 |
Actions (login required)
View Item |