Pengaruh model pembelajaran Earth Science System in the Community (EartComm) terhadap penerapan konsep geografi siswa kelas X MAN 1 Malang / Niswatul Ainiyah

Ainiyah, Niswatul (2016) Pengaruh model pembelajaran Earth Science System in the Community (EartComm) terhadap penerapan konsep geografi siswa kelas X MAN 1 Malang / Niswatul Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainiyah, Niswatul. 2016. Pengaruh Model pembelajaranEarth Science System in The Community (EarthComm)TerhadapPenerapanKonsepgeografiSiswaKelas X MAN 1 malang. Skripsi, JurusanPendidikanGeografi, FakultasIlmuSosial, Universitasnegerimalang. Pembimbing: (1) Drs. HadiSoekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (2) SyamsulBachri, S. Si, M.Sc, Ph.D Kata Kunci: model pembelajaranEarthComm, PenerapanKonsepGeografi PembelajaranGeografi di SMA menuntut agar siswatidakhanyamampuuntukmemahamisebuahkonseppadamaterigeografi, melainkansiswasudahharusmampumenerapkannyadalamsituasi yang barusepertikehidupansehari-hari.Namunpadakenyataannya, sedikitsiswa yang memilikikemampuanmenerapakankonsepdalammatapelajarangeografi.Siswalebihcenderungmenghafalsebuahkonseppadamateriketikapembelajaranberlangsung, sehinggakemampuanpenerapankonsepsiswakurangterlatih.Salah satu model pembelajaran yang mampumelatihsiswamengambangkankemampuanpenerapankonsepdalampeajarangeografiadalah model pembelajaranEarth Science System in The Community (EarthComm). Penelitianinibertujuanuntukmembuktikanadanyapengaruh model EarthCommterhadappenerapankonsepgeografi. Jenispenelitianadalahquasi eksperiment.Penelitiandilaksanakan di MAN 1 Malang. Rancangan yang digunakanposttest only control group design. Instrument penelitianmenggunakansoalessai yang sebelumnyatelahdiujivaliditasdanreliabilitas.Soalessaidiberikansesudahperlakuanpenelitian.Analisis data yang digunakanadalahIndependent sample t-Test.Analisis data penelitianmenggunakanUjiStatistikParametrikdenganbantuanSPSS 16.0 for windows. Berdasarkanhasilanalisisuji t yang sudahdilakukandibukikanbahwanilaiprobabilitas 0,000 < 0.05 dan rata-rata (mean) penerapankonsepsiswakelaskelaseksperimen (74,00) lebihbesardaripadakelaskontrol (58,19) maka H0ditolak. Sehinggadapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranEarthCommberpengaruhsignifikanterhadappenerapankonsepgeografisiswakelas X MAN 1 Malang. Saran dapatdiajukankepada: (1) sekolahmembantumemberikanreferensitentang model EarthCommmelalui seminar, workshop, danpelatihanpada guru; (2) guru bidangstudigeografiharusmenjelaskansintaksEarthCommdenganlengkap, mempersiapkan media pembelajaran yang menunjangEarthComm; (3) penelitiselanjutnyadapatmenambahvariabeldanlokasipeneilitan yang berbeda, namunmasihdalamruanglingkupmateri yang terkaitdengansistemkebumian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53410

Actions (login required)

View Item View Item