Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School pada mata pelajaran geografi / Eko Priyo Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School pada mata pelajaran geografi / Eko Priyo Hartanto

Hartanto, Eko Priyo (2016) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School pada mata pelajaran geografi / Eko Priyo Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartanto EkoPriyo. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapSikapPeduliLingkunganSiswaKelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Pada Mata PelajaranGeografi. Skripsi JurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. YuswantiArianiWirahayu M.Si. (II) Dr. DwiyonoHariUtomo. MP.d M.Si. Kata Kunci SikapPeduliLingkungan PembelajaranProblem Based Learning Model pembelajaranProblem Based Learning (PBL)merupakansalahsatu model pembelajaran denganimplementasi yang berfokuspadasiswa melaluipendekatanilmiah yang akanmembantusiswadalampemecahanmasalahdisekitarlingkungansiswa danakanmembantupembentukansikapsiswamelalui proses pembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajaranProblem Based Learningterhadapsikappedulilingkungansiswakelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School padamatapelajarangeografi.Jenispenelitianinimerupakaneksperimensemu (Quasi Experiment) mengambilduasubjek yaknikelas XI IIS 1 sebagaikelaseksperimendankelas XI IIS 2 sebagaikelaskontrol. Instrumenpenelitianangketuntukmengetahuisikappedulilingkungansiswa teknikanalisis data yang digunakanadalahuji u (Independent Samples Test) yang diselesaikandenganbantuan SPSS 16.00 for Windows Hasilpenelitian yang telahdilakukanmenunjukanbahwaterdapatperbedaan yang dapatdilihatdariperolehan rata-rata yakni kelaseksperimenmenunjukanangka 80 72 dankelaskontrol 72 63 dengannilaiprobabilitas 0 01 HasilperhitungandenganmenggunakanrumusU-testmenunjukan mean rank kelaseksperimen 21 61 dankelaskontrol 12 88. Melaluihasiltersebutdapatdikatakanbahwa model pembelajaranProblem Based Learningberpengaruhterhadapsikappedulilingkungansiswakelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School. Berdasarkanhasilanalisis data danujihipotesis dapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranProblem Based Learningberpengaruhterhadapsikappedulilingkungansiswakelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School padamatapelajarangeografi. Mengacupadahasil yang telah di dapatkan disarankanbagi guru geografiuntukmampumenumbuhkansikappedulilingkungansiswa agar dapatlebihmemilikisikaptanggapakanpermasalahanlingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53407

Actions (login required)

View Item View Item