Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis komputer dengan game edukasi geo-fun untuk materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA / Nestia Arum Pambayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis komputer dengan game edukasi geo-fun untuk materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA / Nestia Arum Pambayu

Pambayu, Nestia Arum (2016) Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis komputer dengan game edukasi geo-fun untuk materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA / Nestia Arum Pambayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pambayu Nestia Arum. 2016. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Game Edukasi Geo-Fun untuk Materi Pengetahuan Dasar Geografi Kelas X SMA. Skrpsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Soelistidjo M.Si (II) Syamsul Bachri S.Si M.Sc. Ph.D Kata Kunci Alat Evaluasi Geo-Fun Pengetahuan dasar geografi Evaluasi merupakan tahapan penting dalam proses pembelajaran. Alat evaluasi yang digunakan guru pada materi pengetahuan dasar geografi umumnya masih dengan cara manual yaitu mengguakan kertas (paper based test). Siswa lebih menyukai tes yang bersifat menyenangkan dan kreatif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan alat evaluasi berbasis komputer dengan game edukasi geo-fun yang dapat mengukur kemampuan kognitif tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada materi pengetahuan dasar geografi pada kelas X IPS. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model permainan duel otak pada android dengan metode pengembangan Borg and Gall. Pada penelitian ini prosedur yang dilakukan oleh peneliti hanya meliputi 5 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal pengembangan produk awal validasi produk revisi dan uji coba lapangan.Validasi dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli bahasa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan tabel matriks. Penggunaan tabel matriks bertujuan mensistematiskan hasil validasi dari ketiga ahli dan tindak perbaikan produk. Uji coba produk dilakukan untuk melihat efektif atau tidaknya produk dari sudut pandang siswa. Uji coba alat evaluasi game geo-fun di SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang menunjukkan hasil bahwa geo-fun efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Disarankan bagi Guru Geografi memberikan game edukasi geo-fun pada siswa setelah pembahasan materi pengetahuan dasar geografi selesai agar soal-soal latihan yang ada dalam game menjadi lebih efektif sebagai alat evaluasi yang mengukur pemahaman siswa berkaitan dengan materi tersebut. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi contoh media pembelajaran dalam mengembangkan produk pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53406

Actions (login required)

View Item View Item