Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas IX-IIS2 MAN 1 Malang / Muhimatul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas IX-IIS2 MAN 1 Malang / Muhimatul Ulum

Ulum, Muhimatul (2016) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas IX-IIS2 MAN 1 Malang / Muhimatul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulum Muhimatul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Ir. Juarti M.Si. Kata Kunci Discovery kemampuan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh guru yang masih menggunakan model classical learning sehingga kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru yang menyebabkan siswa pasif di dalam kelas. Selain pasif di dalam kelas kemampuan berpikir siswa menjadi kurang kritis dan berkembang. Sehubungan dengan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Geografi di kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan penelitian pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa pengukuran kemampuan berpikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang dipersentasekan dan pengukuran peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui dari hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada pra-tindakan memperoleh nilai rata-rata 61 8 dengan peningkatan 0% karena belum diterapkan model pembelajaran Discovery. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 68 23 dengan peningkatan 10 40%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86 07 dengan peningkatan 26 15%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang. Saran pada penelitian ini adalah pertama bagi guru Geografi harus bisa memilih materi yang sesuai dengan penerapan model pembelajaran Discovery. Kedua sekolah diharapkan memberikan arahan pada guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran Discovery. Ketiga peneliti selanjutnya diharapkan lebih tepat dalam menentukan materi yang sesuai untuk model pembelajaran Discovery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53405

Actions (login required)

View Item View Item