Pengembangan modul pembelajaran geografi SMA berbasis pendekatan saintifik / Dwi Komala Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran geografi SMA berbasis pendekatan saintifik / Dwi Komala Dewi

Dewi, Dwi Komala (2016) Pengembangan modul pembelajaran geografi SMA berbasis pendekatan saintifik / Dwi Komala Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Dwi Komala. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi SMA Berbasis Pendekatan Saintifik. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci modul pembelajaran geografi saintifik. Kurikulum 2013 menuntut adanya kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran berkualitas adalah pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara kognitif dan emosional. Pembelajaran berkualitas dalam kenyataannya masih sulit untuk dicapai. Salah satu indikasinya tampak dari kesulitan guru dalam mencari sumber belajar yang relevan. Kondisi demikian mengakibatkan adanya ketergantungan terhadap buku teks. Ketergantungan tersebut menjadikan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar.Akibatnya pemahaman guru terhadap keragaman sumber belajar semakin menyempit. Padahal salah satu kriteria sumber belajar yang baik adalah sesuai dengan karakteristik siswa. Karakteristik belajar siswa antara satu dengan lainnya tidaklah sama salah satunya dalam hal kecepatan belajar. Oleh karena itu untuk memenuhi tuntutan kurikulum kebutuhan guru dan karakteristik belajar siswa peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran geografi berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini mengadopsi model Penelitian dan Pengembangan Borg Gall dan dibatasi sampai dengan langkah kelima. Uji coba dilakukan pada 12 siswa kelas X8 MAN Kota Batu pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Kegiatan validasi dilakukan oleh 3 orang validator yaitu ahli materi bahasa dan desain. Data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil uji coba dan validasi dikumpulkan dan dianalisis. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 1 siswa (8 3%) memberikan respon baikdan sebanyak 11 siswa (91 7%) memberikan respon sangat baik terhadap kualitas modul. Berdasarkan kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dapat diterima oleh siswa. Namun demikian masih terdapat beberapa perbaikan yang didasarkan komentar siswa dan hasil validasi dari ahli. Bahan perbaikan yang direalisasikan berdasarkan tanggapan siswa berjumlah 5 poin. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa modul yang dihasilkan berkualitas baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53403

Actions (login required)

View Item View Item