Pamungkas, Endang Wijaya Tri (2016) Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar geografi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Endang Wijaya Tri Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pamungkas Endang Wijaya Tri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Minat Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Ir. Juarti MP. Kata Kunci Snowball Throwing Minat Belajar Minat belajar merupakan salah satu faktor dalam tercapainya keberhasilan pembelajaran di dalam kelas. Minat belajar siswa yang rendah akan mempengaruhi prestasi belajar siswa untuk itu guru diharapkan mampu mengimplementasikan model pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam suatu permainan menarik yaitu saling melempar bola di kertas yang berisi pertanyaan.Pembelajaran Snowball Throwing menggunakan tiga penerapan pembelajaran yaitu constructivism inquiry dan questioning. Prinsip pembelajaran Snowball Throwing ini meliputi prinsip siswa belajar aktif belajar kerja sama pembelajaran partisipatorik mengajar reaktif dan pembelajaran yang menyenangkan.Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar geografi siswa. Penelitian ini menggunakan metodequasieksperimen dengan pretest-posttest only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random Samplingkarena populasi yang ada memiliki kesempatan untuk dijadikan sample penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar geografi yang terdiri dari angket pre test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh minat belajar di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan nilai sig (2-tailed) 0 000 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada perbedaan minat belajar geografi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata gain scorekelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 16 59 3 08 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar geografi siswa.kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tumpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53399 |
Actions (login required)
View Item |