Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Annisa Qomariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Annisa Qomariah

Qomariah, Annisa (2016) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Annisa Qomariah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qomariah Annisa. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UniversitasNegeriMalang. Pembimbing (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo. MP.d M.Si (II) Dra. Yuswanti Ariani Rahayu M.Si. Kata Kunci Motivasi belajar Pembelajaran Probing Prompting Motivasi belajar merupakan salah satu faktor pendorong dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Komponen utama motivasi adalah kebutuhan dorongan dan tujuan. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran Probing Promptingdirancang untuk menyajikan serangkain pertanyaan yang sifatnya menuntut dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamanya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Dengan model pembelajaranProbing Promptingsiswa dituntut untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara acak sehingga seluruh siswa tidak bisa menghindar dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap motivasi belajar geografi kelas XI SMA 1 Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol.Instrumen untuk mengetahui motivasi siswa menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 75 68 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 71 89 dengan nilai probabilitas (p) 0 035 sehingga ada pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap motivasi belajar Geografi Siswa kelas XI. Disarankan bagi Guru Geografi mampu menjaga suasana agar tetap santai tapi serius agar siswa tidak merasa takut untuk mengajukkan serta menjawab pertanyaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengujicobakan model pembelajaran Probing Promptingpada materi berbeda. Variabel selain motivasi belajar yang sesuai dengan keadaan siswa diantaranya minat siswa pemahaman konsep hasil belajar dan lain-lain sebagai varibel terikat dan dengan tempat penelitian serta jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53397

Actions (login required)

View Item View Item